Pemkot Bekasi Adakan Program Sedekah Sampah untuk ASN

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi Adakan Program Sedekah Sampah untuk ASN

Permasalahan sampah yang pelik membuat Pemerintah Kota Bekasi mencanangkan program lingkungan terbaru untuk menangani masalah sampah. Pemkot Bekasi rencananya akan menjalankan program sedekah sampah yang dimulai di lingkungan Kantor Wali Kota Bekasi, Jl. A Yani No.1 Bekasi.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bekasi yang ada di lingkungan perkantoran Kantor Wali Kota Bekasi diajak berkontribusi mengurangi sampah dengan membawa sampah anorganik. “Sampah anorganik dikumpulkan setiap Senin,” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Sudarsono.

[Baca Juga: Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa]

Melansir bekasikota.go.id (19/7/2019) perencanaan program sedekah sampah akan mulai diselenggakarakan pada 22 Juli 2019 dan berlanjut setiap Senin mulai pukul 06.00 WIB s.d 08.00 WIB di depan gedung Balai Patriot. Sebelum dan sebuah apel pagi, para ASN diwajibkan membawa sampah yang dibawa ke Bank Sampah Induk Patriot. Kegiatan ini dimulai dalam lingkungan Pemkot Bekasi terlebih dahulu, nantinya akan ditingkatkan ke kelurahan bahkan RT dan RW.

Plh. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah mengatakan, program sedekah sampah ini bertujuan untuk membangun kesadaran, pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan sederhana dan memiliki potensi ekonomi. Selain itu pengelolaan sampah yang tepat memiliki manfaat edukasi dan dapat membantu usaha pelestarian lingkungan untuk alam yang lebih baik. Ke depannya, kegiatan semacam ini mampu menghadirkan program kemandirian masyarakat untuk membangun usaha di bidang pengelolaan sampah.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah]

Jenis sampah yang dapat disedekahkan adalah kertas kardus, kertas koran, botol dan juga minyak jelantah. Sosialisasi mengenai kegiatan ini akan terus dilakukan melalui spanduk, baliho atau radio dalam gedung di area kantor Walikota Bekasi ini. “Kita intinya mendorong para aparatur untuk menjaga kebersihan. Mulai dari mengelola sampah menjadi produk bermanfaat dalam program sedekah sampah. Ini semua untuk mewujudkan Kota Bekasi yang bersih,” kata Kustantinah.

Sementara itu Ketua Bidang Ekonomi Perdagangan TWUP4 Ihsan NK menyebutkan, program ini sangat bagus dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk lingkungan dan dapat menambah nilai ekonomi. "Komitmen dari seluruh aparatur pemerintah Kota Bekasi sangat diperlukan agar program sedekah sampah ini dapat berjalan dengan baik", ujar Ihsan.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.