Pemkot Bekasi Adakan Program Sedekah Sampah untuk ASN

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi Adakan Program Sedekah Sampah untuk ASN

Permasalahan sampah yang pelik membuat Pemerintah Kota Bekasi mencanangkan program lingkungan terbaru untuk menangani masalah sampah. Pemkot Bekasi rencananya akan menjalankan program sedekah sampah yang dimulai di lingkungan Kantor Wali Kota Bekasi, Jl. A Yani No.1 Bekasi.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bekasi yang ada di lingkungan perkantoran Kantor Wali Kota Bekasi diajak berkontribusi mengurangi sampah dengan membawa sampah anorganik. “Sampah anorganik dikumpulkan setiap Senin,” ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Sudarsono.

[Baca Juga: Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa]

Melansir bekasikota.go.id (19/7/2019) perencanaan program sedekah sampah akan mulai diselenggakarakan pada 22 Juli 2019 dan berlanjut setiap Senin mulai pukul 06.00 WIB s.d 08.00 WIB di depan gedung Balai Patriot. Sebelum dan sebuah apel pagi, para ASN diwajibkan membawa sampah yang dibawa ke Bank Sampah Induk Patriot. Kegiatan ini dimulai dalam lingkungan Pemkot Bekasi terlebih dahulu, nantinya akan ditingkatkan ke kelurahan bahkan RT dan RW.

Plh. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Kustantinah mengatakan, program sedekah sampah ini bertujuan untuk membangun kesadaran, pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan sederhana dan memiliki potensi ekonomi. Selain itu pengelolaan sampah yang tepat memiliki manfaat edukasi dan dapat membantu usaha pelestarian lingkungan untuk alam yang lebih baik. Ke depannya, kegiatan semacam ini mampu menghadirkan program kemandirian masyarakat untuk membangun usaha di bidang pengelolaan sampah.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah]

Jenis sampah yang dapat disedekahkan adalah kertas kardus, kertas koran, botol dan juga minyak jelantah. Sosialisasi mengenai kegiatan ini akan terus dilakukan melalui spanduk, baliho atau radio dalam gedung di area kantor Walikota Bekasi ini. “Kita intinya mendorong para aparatur untuk menjaga kebersihan. Mulai dari mengelola sampah menjadi produk bermanfaat dalam program sedekah sampah. Ini semua untuk mewujudkan Kota Bekasi yang bersih,” kata Kustantinah.

Sementara itu Ketua Bidang Ekonomi Perdagangan TWUP4 Ihsan NK menyebutkan, program ini sangat bagus dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk lingkungan dan dapat menambah nilai ekonomi. "Komitmen dari seluruh aparatur pemerintah Kota Bekasi sangat diperlukan agar program sedekah sampah ini dapat berjalan dengan baik", ujar Ihsan.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.