Terdampak Pandemi! Pemkot Bekasi Bantu Remaja Putri yang Nyaris Putus Sekolah.jpg

Pendidikan

Pemkot Bekasi Bantu Remaja Putri yang Nyaris Putus Sekolah Akibat Pendemi

Dampak pandemi COVID-19 beserta kebijakan yang terpaksa dikeluarkan pemerintah untuk menekan penyebaran penyakit akibat virus Corona itu hingga kini masih sangat terasa di tengah masyarakat Tanah Air. Bak efek domino, dampak ekonomi akibat pandemi juga berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan hingga masa depan pendidikan di keluarga. Kondisi ini bisa terlihat dari kisah Revania Salsabila Agustin dari Kota Bekasi yang nyaris kehilangan kesempatan untuk meneruskan pendidikannya akibat kondisi keuangan orangtuanya yang terdampak pandemi COVID-19. Namun berkat temannya, kondisi Revania pun berubah dengan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Kisah remaja perempuan berusia 15 tahun ini dimulai ketika dirinya bercerita kepada teman sekolahnya di SMPN 3 Kota Bekasi, Aisya Wardah Anwar. Di mana Revania merasa sedih dengan kondisi keluarganya yang tak memiliki uang akibat pandemi COVID-19 sehingga tidak ada alokasi dana untuk dirinya melanjutkan sekolah ke tingkat SMA atau SMK.

Terdampak Pandemi! Pemkot Bekasi Bantu Remaja Putri yang Nyaris P utus Sekolah.jpg

Mendengar cerita sahabatnya itu, Aisya yang merupakan putri dari sejarawan serta budayawan ternama Bekasi Ali Anwar, menceritakan kepada ayahanya mengenai situasi Revania. Dari sinilah kemampuan media sosial mampu mengubah nasib seseorang. Pasalnya pada 29 Agustus 2021, Ali Anwar membuat postingan terkait kisah Revania yang akhirnya ikut terbaca oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kepala Bagian Humas Pemkot Bekasi Sajeki Rubiah, Kepala Dinas Pendidikan Innayatullah, dan Camat Bekasi Timur Fitri Widyati Sutanto.

Pria yang akrab disapa Pepen itu pun menghubungi Ali Anwar untuk memberikan nomor kontak Revania dan memastikan apakah remaja putri itu memang mau meneruskan pendidikannya. Setelah mendapatkan kontak dan alamatnya, Pemkot Bekasi bergerak ke rumah Revania yang berada di wilayah Duren Jaya, Bekasi Timur untuk membahas potensi remaja putri itu bersekolah di SMKN 6 Kota Bekasi.

Revania dan orangtuanya menyambut dengan antusias tawaran dari Pemkot Bekasi dan sangat mengapresiasi perhatian pemerintah terhadap pendidikannya. Dinas Pendidikan Kota Bekasi pun berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan untuk bertemu dengan Kepala SMKN 6 untuk memastikan Revania dapat bersekolah di sekolah negeri yang berlokasi di Kelurahan Duren Jaya.

Setelah berbagai proses tersebut, Pemkot Bekasi berhasil memastikan Revania bisa bersekolah di jurusan Arsitektur SMKN 6. Remaja putri itu pun langsung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada dua sosok yang dapat memicu doanya terkabul. “Alhamdulllah, akhirnya doa saya dikabulkan Allah SWT melalui hati Wali Kota Bapak Rahmat Effendi dan Pak Ali Anwar akhirnya saya bisa melanjutkan sekolah,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari bekasikota.go.id (30/8/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.