Pemkot Bekasi Bentuk Tim Pemantauan Penyembelihan Hewan Kurban.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi Bentuk Tim Pemantauan Penyembelihan Hewan Kurban

Berdasarkan keputusan sidang isbat pada pekan ini diputuskan bahwa Idul Adha 1441 H jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 atau hari Jumat pekan depan. Sayangnya karena perayaan Idul Adha ini digelar pada pandemi COVID-19 maka perayaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itulah pemerintah di setiap wilayah Tanah Air pun mengeluarkan kebijakan untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan. Bahkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran COVID-19 pada proses perdagangan hewan kurban hingga penyembelihannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membentuk tim khusus untuk memantau kegiatan tersebut.

Pemkot Bekasi Bentuk Tim Pemantauan Penyembelihan Hewan Kurban .jpg

Pembentukan tim pemantauan ini sebenarnya sudah dicanangkan Pemkot Bekasi sejak awal Juli 2020. Dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 451/4323-SETDA. Kessos Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M Menuju Masyarakat produktif Dan Aman COVID-19.

Pada Surat Edaran yang ditandatangani pada 8 Juli 2020 itu dibahas mengenai berbagai aspek yang harus dipenuhi selama perayaan Idul Adha 1441 H demi mengantisipasi penyebaran COVID-19. Dari mulai protokol kesehatan yang harus dijalani ketika ibadah salat Idul Adha nanti hingga apa yang harus dilakukan pihak panitia Idul Kurban nanti. Selain itu, salah satu aspek yang penting adalah diuraikannya tim pemantau yang akan bergerak sebelum sampai hari H Idul Adha 1441 H.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisasikan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi COVID-19]

Sebagaimana dilansir dari bekasikota.go.id (22/7/2020), berikut ini tim yang dikerahkan Pemkot Bekasi demi memastikan hewan kurban di lapangan dalam keadaan sehat sekaligus diterapkanya protokol kesehatan:

  • Petugas Dinas Ketahanan Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi dengan jumlah 90 orang
  • Petugas Teknis Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Bekasi dengan jumlah sembilang Orang
  • Petugas Penyuluh Lapangan dengan jumlah enam orang
  • Petugas dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Jawa Barat dengan jumlah 50 orang
  • Petugas Kelurahan dengan jumlah 56 orang.

Berdasarkan keterangan di Surat Edaran itu, para petugas tersebut akan mulai turun ke lokasi penjualan hewan kurban yang terbesar di Kota Bekasi pada 13 sampai 30 Juli 2020. Kemudian pemeriksaan dan pemantauan akan kembali digelar di tempat pemotongan hewan kurban Idul Adha 1441 H secara antermortem serta postmortem sekaligus memastika protokol kesehatan di sana, digelar pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

  • Anisa 2 years, 6 months lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Situs Slot Terbaik ,Terpercaya & Terlengkap Di indonesia. Tersedia berbagai Provider Ternama Dan Berbagai BONUS NEW MEMBER yang Wow. Info Lebih lanjut bisa lsg Hub. CS Kami Dengan <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>