Pemkot Bekasi dan Waste4Change Jalin Kerja Sama Tangani Sampah

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi dan Waste4Change Jalin Kerja Sama Tangani Sampah

Permasalahan sampah di Indonesia merupakan salah satu masalah darurat. Berkat sampah, Indonesia menjadi negara terbesar kedua penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Urgensi sampah plastik di Indonesia ini membuat banyak pemerintah daerah yang membuat berbagai kebijakan. Kini, sudah banyak daerah yang sudah melarang penggunaan plastik sekali pakai di retail dan beralih menggunakan tas belanja.

Kota Bekasi menunjukkan keseriusan dan komitmen pemerintah program pengurangan sampah demi menjadikan Kota Bekasi sebagai Smart City Untuk Tata Kelola Persampahan. Untuk itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjalin kerja sama dengan Waste4Change dengan menandatangani nota kesepakatan bersama Managing Director PT Waste4Change Alam Indonesia Mohamad Bijaksana Junerosano untuk tata kelola persampahan di CoHive, Plaza Kuningan, Jakarta Selatan.

Pemkot Bekasi dan Waste4Change Jalin Kerja Sama Tangani Sampah

“Persoalan sampah, bukan hanya permasalahan di Kota Bekasi tetapi menjadi isu dunia, sehingga sangat penting untuk terus melakukan dorongan untuk wujudkan tata kelola yang baik, menciptakan terobosan yang out of the box dan dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata Rahmat.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik]

Mengutip dari bekasikota.go.id (10/3/2020), Rahmat menuturkan, masyarakat Kota Bekasi memiliki tuntutan yang sederhana, yakni jika kotanya bersih dan lingkungannya tertib maka terciptalah efek positif bagi masyarakat untuk wujudkan visi dan pola pikir yang inovatif.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, yang jadi fokus utama pemerintah kali ini adalah untuk membangun kesadaran masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah. Maka dari itu, melihat kondisi yang ada, Pemkot Bekasi merasa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengedukasi masyarakat.

[Baca Juga: Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi]

“Karena sampah yang dihasilkan masyarakat, yakni sampah rumah tangga amat besar volumenya. Sedangkan kita ketahui bersama bahwa (Tempat Pembuangan Akhir) TPA semakin penuh dan butuh lahan lain. Sehingga perlu adanya solusi nyata untuk mengelola sampah dengan bijak, bahkan kalau bisa sampah ini dimusnahkan,” ujar Yayan.

Managing Director PT. Waste4Change Alam Indonesia Mohamad Bijaksana Junerosano mengatakan, Kota Bekasi menjadi pilot projects dalam penerapan aplikasi Smart City Tata Kelola Persampahan. Diharapkan penerapan ini dapat membawakan hasil yang baik dan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 6 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>