Pemkot Bekasi Dapat Bantuan 2 Miliar dari Pemprov untuk Atasi Banjir

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi Dapat Bantuan 2 Miliar dari Pemprov untuk Atasi Banjir

Banjir yang terjadi hari pertama tahun baru bukan hanya dialami oleh beberapa wilayah di ibu kota. Beberapa titik di sekitar Jakarta pun menjadi korban musibah banjir. Bahkan, musibah tersebut mengakibatkan sembilan warga Bekasi meninggal dunia. Bukan hanya itu saja, jembatan yang menghubungkan Bekasi Utara dan Bekasi Timur rusak akibat digempur arus deras Kali Bekasi yang meluap. Mengutip dari kompas.com (6/1/2020), jembatan yang rusak tersebut memakan dana kurang lebih Rp1 Miliar agar bisa kembali pulih.

Pemkot Bekasi Dapat Bantuan 2 Miliar dari Pemprov untuk Atasi Banjir

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebutkan, penyebab banjir di Bekasi di antaranya karena curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan kali meluap tak lagi menampung volume air. Sebab lainnya, karena Bekasi dapat kiriman air dari Bogor melalui Kali Cikeas dan Cileungsi.

Lokasi banjir di Bekasi yang paling parah berada di Rawalumbu, Bekasi Timur, dan Bekasi Barat. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Bekasi. Banjir awal tahun ini memakan korban sebanyak 366.274 jiwa.

[Baca Juga: Bupati Bekasi Imbau Warga Jauhi Lokasi Rawan Banjir]

Melihat hal ini, Provinsi Jawa Barat memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Bekasi sebesar Rp2 Milliar. Bantuan ini diberikan untuk peralatan atau kebutuhan banjir yang diserahkan langsung oleh Sekertaris Daerah provinsi Jawa Barat Daud Ahmad.

“Pengadaan mobil dapur umum, mobil operasional, dan juga beberapa barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi yang terdampak banjir. Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Gubernur Jawa Barat yang menanggapi secara cepat selang berapa waktu setelah meninjau bencana banjir baik melalui udara dan darat bersama Wali Kota Bekasi kamis, 02 Januari 2020 lalu” ujar Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

[Baca Juga: Pemprov Jawa Barat Mulai Proyek Revitalisasi Kalimalang Bekasi]

Mengutip dari bekasikota.go.id (6/1/2019) kini, Pemerintah Kota Bekasi terus berusaha untuk memperbaiki fisik pembangunan, kesehatan mental para korban, dan juga terus menyalurkan bantuan yang diberikan banyak pihak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mulai dari kebutuhan air bersih, makanan, obat-obatan hingga logistik lainnya. "Pemerintah Kota Bekasi juga telah berkoordinasi dengan masing-masing Kecamatan untuk melakukan pendataan dokumen kependudukan pasca musibah banjir yang melanda," tutup Tri.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.