Pemkot Bekasi Lakukan Tes PCR di Tujuh Titik Lokasi

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi Lakukan Tes PCR di Tujuh Titik Lokasi

Pemerintah Kota Bekasi terus melakukan upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayahnya. Memasuki hari ke-7 perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemkot Bekasi melakukan Tes PCR COVID-19 bagi warga Kota Bekasi yang masuk maupun keluar Kota Bekasi. Tes tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan tenaga medis dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid pada Selasa (5/5/2020).

Upaya ini, mengutip tempo.co (5/5/2020) dilakukan setelah ditemukannya tiga penumpang KRL dari Bogor yang positif COVID-19 tapi tidak menunjukkan gejala apa pun. Adanya penumpang positif COVID-19 di KRL diketahui dari hasil tes PCR yang dilakukan terhadap 325 orang penumpang KRL jurusan Bogor-Jakarta.

Pemkot Bekasi Lakukan Tes PCR di Tujuh Titik Lokasi

Pemkot Bekasi melakukan tes PCR di tujuh titik lokasi perbatasan Kota Bekasi dengan total alat tes sebanyak 650 buah. Adapun tujuh titik lokasi yang dimaksud yaitu:

  1. Perbatasan Lubang Buaya- Pondok Gede, tersedia 50 alat tes PCR
  2. Perbatasan Jembatan Sasak Jarang- Wisma Asri Bekasi Utara, tersedia 50 alat tes PCR
  3. Perbatasan Sumber Arta, tersedia 100 alat tes PCR
  4. Perbatasan Jatiwaringin, tersedia 50 alat tes PCR
  5. Perbatasan Pabrik The Botol Sosro Harapan Indah, tersedia 50 alat tes PCR
  6. Perbatasan Bantar Gebang di Pangkalan 6, tersedia 50 alat tes PCR
  7. Stasiun Kota Bekasi, tersedia 300 alat tes PCR.

[Baca Juga: Dinilai Tak Valid, Wali Kota Bekasi Minta DTKS Diperiksa]

Wali Kota Bekasi Rahmat Efffendi mengatakan alat tes PCR akan dihabiskan dalam satu hari. Teknis pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Kota Bekasi akan fokus menjalankan tes PCR di enam titik PSBB, sementara tenaga medis RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi fokus di satu titik, yaitu Stasiun Kota Bekasi. Tenaga medis tersebut pun akan melakukan tes PCR terbanyak, yaitu pada 300 orang.

Wali Kota dengan sapaan akrab Pepen itu juga menuturkan bila tes PCR ini akan memudahkan pihaknya menelusuri kontak orang-orang yang terdeteksi positif COVID-19.

“Dengan hal ini kita berlakukan di tujuh titik PSBB untuk PCR test, melakukan tracing jika ada yang terduga positif, dan lakukan tracing dengan yang berkomunikasi dengan si terduga,” kata Pepen, melansir bekasikota.go.id (5/5/2020).

[Baca Juga: Petugas Gabungan Pemkot Bekasi Tertibkan Kerumunan Jelang Berbuka]

“Ini langkah penggalakan untuk PSBB, karena masih banyak didapati pelanggaran-pelanggaran di PSBB tahap dua ini, kita akan serius berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim untuk penggalakannya di lapangan,” lanjutnya.

Pepen dan pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi kepada warga yang masih tak mengindahkan peraturan PSBB seperti membuat kerumunan di luar rumah. Ia mengimbau warga Kota Bekasi untuk tetap berada di dalam rumah bila tidak ada urusan penting.

Untuk diketahui, hingga Selasa, 5 Mei 2020, kasus positif COVID-19 di Kota Bekasi mencapai 256 orang. Sebanyak 167 di antaranya sembuh, 28 meninggal dunia, dan 61 orang dalam perawatan.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.