Pemkot Bekasi Masuk 20 Besar Pencegahan Korupsi di Indonesia

Berita Kawasan

Pemkot Bekasi Masuk 20 Besar Pencegahan Korupsi di Indonesia

Sebulan terakhir, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) ramai diperbincangkan karena disahkannya Undang-Undang terbaru. Di tengah pro kontranya, Pemerintah Kota Bekasi menorehkan prestasi baru karena masuk ke dalam urutan Pemerintah Daerah teratas untuk Pelaksanaan Monitoring Center for Prevention (MCP) yang dilakukan KPK pada Minggu pertama Oktober 2019.

Pemkot Bekasi Masuk 20 Besar Pencegahan Korupsi di Indonesia

Kota Bekasi berhasil menempati urutan 13 dari 542 Pemerintah Daerah yang ada di indonesia dengan progres capaian 80 persen, dengan cakupan area intervensi sebagai berikut:

  • Perencanaan dan Penganggaran APBD 80 persen
  • Pengadaan Barang dan Jasa 65 persen
  • Pelayanan Terpadu Satu Pintu 76 persen
  • Kapabilitas APIP 85 persen
  • Manajemen ASN 89 persen
  • Optimalisasi Pendapatan Daerah 100 persen, dan
  • Manajemen Aset Daerah 62 persen

Sementara untuk tingkat Provinsi Jawa Barat, Kota Bekasi menempati posisi ke-3 setelah di urutan pertama, Provinsi Jawa Barat, dan posisi kedua Pemerintah Kota Depok.

[Baca Juga: Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah]

Kepala Bagian Humas Kota Bekasi Sajekti Rubiyah mengatakan KPK melakukan monitoring dan evaluasi atas program tindak lanjut pencegahan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. Hasil ini membuktikan kinerja jajaran dan Organisasi Peringkat Daerah (OPD) ketika melaksanakan rekomendasi KPK dalam bidang pencegahan. "Upaya bersama jajaran dan OPD agar melaksanakan pencegahan korupsi di Kota Bekasi. Ini hal baik bisa terus dilaksanakan di semua instansi," ungkap Sajekti sebagaimana dilansir dari bekasikota.go.id (11/10/2019).

Sementara itu, Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, KPK RI lewat tim pencegahan mengklaim telah menyelamatkan keuangan daerah hingga Rp28,7 triliun dalam enam bulan terakhir. "Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menyelamatkan keuangan daerah sebesar Rp28,7 Trilyun dari kegiatan pencegahan korupsi pada semester satu tahun 2019," kata Febri.

[Baca Juga: Bekraf Gandeng Pemerintah Daerah dan Asosiasi Kembangkan Ekraf]

Febri kemudian menyatakan, Kordinator Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK terus mendampingi 34 Provinsi guna optimalisasi penerimaan daerah. Kegiatan yang dilakukan melingkupi penggalian potensi penerimaan daerah, salah satunya yang bersumber dari pajak.

Fokus lainnya adalah perencanaan dan penganggaran yang berbasis elektronik (e-planning dan e-budgeting), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pengadaan barang dan jasa, peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), manajemen ASN, dan pengelolaan dana desa. Menurut Febri, walau fokus pada pencegahan tindak korupsi, KPK juga melibatkan penindakkan dalam upaya pencegahan korupsi. "KPK tentunya akan menggunakan pendekatan penindakan jika sudah melanggar aturan yang berlaku," ujar Febri.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.