Pemkot Bekasi Rilis 3 Program Untuk Perempuan dan Anak

Pendidikan

Pemkot Bekasi Rilis 3 Program Untuk Perempuan dan Anak

Pemerintah Kota Bekasi baru saja meluncurkan program untuk pemberdayaan perempuan dan ramah anak. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bekasi kali ini merilis tiga program sekaligus, yaitu Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta), Ngabring Ka Sekolah (Ngabaso) dan Kampung Ramah Anak. Perilisan ketiga program ini dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Kali Abang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Acara peluncuran ketiga program untuk wanita dan anak di Kota Bekasi ini dihadiri oleh Ibu Walikota Gunarti Rahmat Effendi,  Ibu Wakil Walikota Wiwiek Hargono, Kepala DP3A dan jajaran, Lurah Kaliabang Tengah, Ketua  PKK Kecamatan Bekasi Utara, Ketua PKK Kelurahan Kali Abang Tengah, Pengurus  PKK kelurahan Kampung Tengah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, ketua RT dan RW, dan peserta Sekoper Cinta sebanyak 100 orang. 

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Bekasi Resmikan Renovasi SDN Pekayon Jaya 4 dan 5]

Kepala DP3A Kota Bekasi Ir. Riawanti mengatakan, pemerintah Kota Bekasi melaksanakan program Sekoper Cinta yang merupakan program Gubernur Jawa Barat. "Program Sekoper Cinta dilaksanakan di lokasi Binaan Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Program ini bertujuan untuk meningkatkan peranan perempuan dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas, meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi kreatif," ungkap Riswanti. 

Melansir dari kotabekasi.go.id (26/6/2019) pelaksanaan program Sekoper Cinta diharapkan mampu mengatasi permasalahan sosial yang dipicu oleh kasus kekerasan terhadap perempuan. Jumlah kasus kekerasan perempuan di Bekasi pada tahun awal tahun 2019 hingga 12 Juni 2018 sebanyak 204 kasus.  

[Baca Juga: Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi]

"Berangkat dari masalah di atas, terciptalah program Sekoper cinta yang bisa jadi wadah perempuan bertukar pengetahuan dan pengalaman. Selain itu para peserta juga dapat menemu-kenali kebutuhan dan juga kepentingan perempuan. Hal ini berguna untuk meningkatkan kualitas hidupnya sebagai upaya mewujudkan perempuan yang mampu memberdayakan diri, keluarga dan lingkungan sekitar," kata Riswanti. 

Selain kegiatan Sekoper Cinta, Pemkot Bekasi juga melaksanakan kegiatan Ngabaso yang merupakan program pemerintah Jawa Barat untuk mengajak anak-anak berjalan kaki ke sekolah atau meminta orang tua untuk mengantarkan anaknya ke titik kumpul dengan radius 100-200 dari gerbang sekolah. "Program Ngebaso ini diciptakan agar anak lebih sehat karena ada pergerakan motorik tubuh dengan berjalan, ada interaksi sosial, ada rasa toleransi dan saling menjaga kekompakan.” kata Riswanti. 

Selain itu, disaat yang bersamaan dirilis dan dikenalkan pula Deklarasi Kampung Ramah Anak yang merupakan sebuah kegiatan yang berpusat kepada anak dengan memberikan hak dalam bermain, belajar, bersosialisasi, berkreasi dan perlindungan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.