Bogor-Kawasan-Pemkot Bogor Ajak Warga Meriahkan Pesta Rakyat Cap Go Meh-Kiki.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Ajak Warga Meriahkan Pesta Rakyat Cap Go Meh

Cap Go Meh merupakan tradisi yang sudah terselenggara selama ratusan tahun di Indonesia. Melansir dari historia.id, pagelaran khas etnis Tionghoa ini dimulai sejak terjadinya migrasi besar-besaran pada 300-400 tahun yang lalu. Namun perayaan ini tak lagi sama dengan perayaan Cap Go Meh dahulu, perayaan ini sudah bercampur dengan nilai budaya Nusantara.

Perayaan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek ini dirayakan di berbagai daerah di Indonesia salah satunya Kota Bogor. Kota hujan ini rutin mengadakan Pesta Rakyat Cap Go Meh yang merupakan aksi budaya dari Kota Bogor. Kegiatan ini dilakukan untuk upaya pemeliharaan nilai persatuan dan kesatuan banga. Di tahun 2019 ini, Kota Bogor mengadakan Pesta Rakyat Cap Go Meh yang bertajuk "Ajang Budaya Pemersatu Bangsa".

[Baca Juga: Tahun Babi Tanah Jadi Momen Terbukanya Berbagai Kesempatan]

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Kota Bogor selalu dihadiri setidaknya 100 ribu orang. Acara ini akan dikemas dengan aksi budaya melalui pagelaran seni maupun karnaval yang disebut Katumbiri Lighting Festival. Katumbiri sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti pelangi. Dengan melihat pelangi, tentu kita juga akan melihat keberagaman warna namun tetap menyatu dalam satu garis yang menciptakan keindahan.

Katumbiri Lighting Festival Bogor

Katumbiri Lighting Festival akan berlangsung pada 19 Februari 2019 di sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor. Melansir dari kotabogor.go.id (10/1/2019), seluruh sanggar seni, komunitas, organisasi, masyarakat atau lembaga berkesempatan untuk berpartisipasi mengikuti festival ini. Namun, Pemerintah Kota Bogor memiliki kriteria tertentu untuk memilik peserta yang akan jadi pengisi acara festival tahunan.

Siapa pun bisa mendaftar sebagi pengisi acara asal mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika peserta berhasil dan berkesempatan untuk mengisi acara Pesta Rakyat Cap Go Meh Kota Bogor, Pemkot akan mengirimkan undangan resmi.

[Baca Juga: 1000 Lampion Akan Hiasi Langit Kota Bogor]

Apa sajakah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi para peserta? Berikut syarat dan ketentuan Pesta Rakyat Cap Go Meh – Katumbiri Lighting Festival 2019:

  1. Karnaval ini terbuka bagi siapa saja tetapi dengan ketentuan, peserta/pendukung acara terdiri dari pelajar (SMA/SMK/sederajat), Mahasiswa/i, Sanggar, Komunitas, Organisasi, dan Umum.
  2. Peserta merupakan kelompok dengan jumlah anggota 30 orang.
  3. Masing-masing kelompok wajib memiliki 1 (satu) orang koordinator yang bertanggung jawab untuk pendaftaran, technical meeting, daftar ulang, kontrak kesepakatan, dan pengaturan kelompok di hari acara.

Untuk syarat dan ketentuan lainnya, Anda bisa langsung membukanya di kotabogor.go.id.

Read More

Artikel Lainnya

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.

Nyekar 1.jpg

Berita Kawasan

Sebelum Ramadan, Warga Desa Giripurno Nyekar Tanpa Masker

13 April 2021, 10:17

Tradisi Nyekar masih dijaga oleh masyarakat Giripurno menjelang Ramadhan di masa pandemi ini.

Arjosari 2.jpg

Berita Kawasan

Terminal Arjosari Masih Layani Perjalanan Keluar Kota Tanpa Batas Waktu

13 April 2021, 10:15

Terminal Arjosari Malang masih akan layani penumpang tujuan jarak jauh.

Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan.jpg

Kuliner

Kuliner Murah Bogor yang Wajib Dicoba, Rasa Dijamin Nggak Murahan

13 April 2021, 10:07

Tidak kalah dengan kuliner-kuliner Bogor yang sudah banyak dikenal lainnya, beberapa kuliner ini bisa dibilang sebagai kuliner murah dengan harga satu porsinya tidak sampai Rp50.000 wajib dicoba ketika berwisata kuliner di Bogor dengan budget minim.


Comments


Please Login to leave a comment.