Pemkot Bogor Berkolaborasi dengan JICA untuk Bagikan 2.000 Buku

Pendidikan

Pemkot Bogor Berkolaborasi dengan JICA untuk Bagikan 2.000 Buku

Pendidikan karakter merupakan bentuk pendidikan yang bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri secara terus menerus agar mampu menjalani hidup yang lebih baik. Di Indonesia sendiri, pendidikan karakter sudah ada sejak zaman Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno. Tokoh bangsa ini mencoba menerapkan semangat pendidikan karakter sebagai pembentukan kepribadian dan identitas bangsa, sehingga menjadi bangsa yang berkarakter.

Untuk memberikan pendidikan karakter terbaik kepada anak-anak di Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bekerja sama dengan Indonesia Educational Promotion Foundation (IEPF) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyusun Buku Pendidikan Lingkungan yang dibentuk Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin bersama Kabid, Pengawas, dan Guru yang sebelumnya telah belajar pendidikan karakter di sekolah Jepang selama satu minggu.

Pemkot Bogor Berkolaborasi dengan JICA untuk Bagikan 2.000 Buku

"Kami mendapatkan banyak pengalaman belajar yang kemudian kami tuangkan dalam buku pendidikan lingkungan ini. Isi bukunya, sesuaikan dengan kondisi Indonesia," ujar Fahrudin seperti yang dilansir dari kotabogor.go.id (12/2/2020).

Fahrudin menyebutkan, hasil pendidikan karakter Jepang di tingkat SD terbukti memberikan manfaat untuk keluarga dan masyarakat. Bahkan ia pun mengakui majunya pendidikan di Jepang karena adanya landasan karakter yang kuat, sehingga dapat membuat anak didik miliki daya juang karakter, nasionalisme, dan kesantunan yang patut diacungi jempol. Usai belajar di Jepang selama satu minggu, hasilnya diterapkan di pendidikan Kota Bogor, misalnya dengan program bawa botol minum sendiri dan membawa bekal dari rumah.

[Baca Juga: McDonald's Donasikan 215.000 Buku Bersama Komunitas Buku Berkaki]

"Di Jepang juga anak-anak dididik untuk berkembang sesuai bakat dan minatnya dengan pola belajar yang menyenangkan alias tidak bikin tertekan. Saya juga ingin mewujudkan pendidikan menyenangkan di Kota Bogor," sebut Fahrudin.

Buku pendidikan lingkungan yang merupakan pilot project ini dibiayai oleh JICA dan akan dicetak sebanyak 2.000 buku untuk dibagikan ke-50 sekolah secara gratis. Pembagian buku pendudukan karakter ini, diharapkan pendidikan karakter melalui lingkungan hidup bisa terwujud.

[Baca Juga: Kadisdik DKI Jakarta Izinkan Siswa Korban Banjir Tidak Berseragam]

Eksekutif Direktur IEPF Hideyuki Negishi mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat telah belajar dan menyerap ilmu dari Jepang dengan baik. Kemudian, mengambil hal yang baik untuk diadopsi untuk pendidikan karakter anak di Kota Bogor. Menurutnya, pendidikan di Kota Bogor tak kalah bagus dan ada beberapa yang lebih maju dari Jepang.

"Saya ingin menerapkan program bekal anak-anak sekolah Jepang di sini dan semoga ke depannya bisa saling tolong-menolong agar hubungan Bogor dan Jepang khususnya Kota Toyama lebih baik, apalagi Bogor saat ini sedang 'berlari'," ujar Hideyuki.

Read More

Artikel Lainnya

Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Lakukan Ini di Rumah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua ABK Bisa Lakukan Tips Ini di Rumah Selama Pandemi

12 July 2020, 17:00

Anak ABK yang tidak bisa pergi-pergi dari rumah akibat kebijakan PSBB, tetap bisa berkembang dengan bantuan orangtua dengan melakukan tips dari dua pakar berikut.

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah

Hobi dan Hiburan

Cukup Rp5.000 Bisa Nonton Film Indonesia Secara Legal di Rumah!

12 July 2020, 15:00

Tidak seperti platform streaming lain yang sifatnya berlangganan, Bioskop Online memungkinkan Anda untuk mengakses film dan konten lain per karya.

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Disdik DKI Luncurkan Siap Belajar Jakarta

12 July 2020, 13:00

Para guru, orangtua, dan peserta didik dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi pada portal ini.

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer 2020

Hobi dan Hiburan

Berakhir Pekan dengan Dongeng Asal Muasal Cirebon di Pasar Ikan Explorer

12 July 2020, 11:00

Babad Walangsungsang yang menceritakan asal muasal Kota Cirebon didongengkan dalam rangkaian kegiatan Pasar Ikan Explorer 2020 di Museum Kebaharian, Jakarta Utara.


Comments


Please Login to leave a comment.