Pemkot Bogor Diskusikan Penataan Wilayah Batutulis

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Diskusikan Penataan Wilayah Batutulis

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini tengah mempertimbangkan untuk melakukan penataan terhadap wilayah Batutulis yang dikenal sebagai situs bersejarah di di kawasan Kota Hujan. Namun demi memastikan semua berjalan lancar, proyek yang dicanangkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya ini disebut dibicarakan terlebih dahulu dengan banyak pihak. Hal ini guna mendengarkan semua masukan dari berbagai pandangan terkait penataan tersebut.

Pemkot Bogor Diskusikan Penataan Wilayah Batutulis

Diskusi mengenai penataan situs Batutulis ini dilakukan melalui sarasehan yang digelar di Balai Kota Bogor pada 29 Januari 2020. Dalam pembahasan ini, Pemkot Bogor juga turut mengundang perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dosen Sejarah Sunda Universitas Padjadjaran Prof. Nina Herlina Lubis yang memaparkan berbagai materi terkait kebudayaan dan Karuhun Kasundaan yang memiliki kaitan erat dengan situs Batutulis.

Sekadar informasi, kawasan Kelurahan Batutulis dikenal sebagai lokasi keberadaan Prasasti Batutulis. Di mana prasasti ini disebut berasal dari tahun 1533 masehi dan dikenal sebagai benda peninggalan sejarah yang menggunakan aksara Sunda kuno. Selain prasasti ini, benda sejarah dari Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran juga bisa ditemukan di kawasan ini.

[Baca Juga: Mengenal Jejak Freemason di Museum Taman Prasasti]

Menurut Bima Arya, selain untuk mendengarkan masukan, diskusi di Balai Kota Bogor ini digelar untuk memperkuat unsur sejarah di kawasan Batutulis. “Hari ini kami ingin mendengar masukan dari perspektif akademis, sejarah, budaya, dan juga dari para budayawan terkait dengan perencanaan penataan kawasan Batutulis. Selama ini memang banyak sekali versi di mana lokasi sesungguhnya dari Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran. Tapi cukup kuat literatur referensi yang mengarahkan bahwa pusat kerajaan ada di kawasan Batutulis,” ujar Bima Arya, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (29/1/2020).

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

Orang nomor satu di Kota Hujan itu melanjutkan, diskusi ini bukan sekadar membahas mengenai pemastian lokasi kerajaan tapi juga guna mengubah “wajah” kawasan Batutulis. Apalagi menurutnya, banyak pemangku kebijakan serta budayawan yang ingin mengembangkan potensi dari situs Batutulis, mengingat bagaimana pentingnya unsur sejarah di sini. Pasalnya, Bima Arya memandang, kawasan Batu Tulis lahannya tidak besar dengan kunjungan wisatawan yang hanya mencapai angka ratusan per bulannya.

Oleh karena itulah, berdasarkan rencana dari Bima Arya, Pemkot Bogor akan menghadirkan museum di kawasan ini dengan turut memperluas lahannya. Untuk tahapan awalnya, Pemkot Bogor akan berkoordinasi dengan Sekolah Dasar Negeri Batutulis yang rencananya akan dipindahkan serta membahas pengajuan hibah rumah dari mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri yang berada di sana.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.