Pemkot Bogor Putuskan Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 11 2021.jpg

Pendidikan

Pemkot Bogor Putuskan Sekolah Tatap Muka Dimulai 11 Januari 2021

Pemerintah pusat melalui Surat Keputusan bersama (SKB) tentang Panudan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19 memutuskan untuk memberikan izin kepada pemerintah daerah di Indonesia untuk kembali menggelar sekolah tatap muka pada Januari 2020. Dengan keluarnya SKB ini maka Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar rapat koordinasi pada akhir pekan lalu dalam membahas hal tersebut.

Rapat koordinasi ini digelar Pemkot Bogor pada 21 November 2020 di Balai Kota Bogor. Di mana rapat ini langsung dipimpin Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bogor, Dewan Pendidikan Kota Bogor, Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Dinas Pendidikan Kota Bogor, Dinas Kesehatan Kota Bogor, dan Dinas Perhubungan Kota Bogor.

Pemkot Bogor Putuskan Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari 11 2021 .jpg

Menurut Bima Arya, pihaknya menggelar rapat ini dalam rangka menyingkapi arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim. Berdasarkan peninjauan dari pihak Pemkot Bogor terkait metode Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ tampaknya cenderung tak maksimal dan semakin malah malah muncul dampak negatifnya.

Melihat kondisi ini maka Bima Arya serta pemangku kebijakan yang hadir di rapat koordinasi tersebut nampaknya Pemkot Bogor mendengar keinginan banyak pihak untuk mengembalikan kegiatan belajar-mengajar dengan sekolah tatap muka. Karena Pemkot Bogor memutuskan untuk mulai memberlakukan sekolah tatap muka mulai tanggal 11 Januari 2020. Namun Wali Kota Bogor menegaskan, faktor kesehatan serta protokol kesehatan tetap menjadi kunci dalam pelaksanaannya.

[Baca Juga: Kota Bekasi Rencanakan Pembelajaran Tatap Muka pada Desember 2020]

“Bagaimanapun kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling utama yang tidak bisa ditukar oleh apapun. Oleh karena itu, rencana untuk kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka harus diiringi dengan kesiapan dan kepastian dari aspek protokol kesehatan. Jadi sekali lagi keselamatan dan kesehatan adalah faktor utama,” jelas Bima Arya, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (21/11/2020).

Walau sudah memberikan lampu hijau terkait diberlakukannya sekolah tatap muka namun pihak Pemkot Bogor memberikan syarat yang harus dipenuhi pihak sekolah. Di mana sekolah harus mengantungi izin dari Pemkot Bogor, komite sekolah, dan kepala sekolah. Untuk mendapatkan izin ini pihak sekolah harus mampu menyiapkan konsep serta sistem pembelajaran yang mementingkan protokol kesehatannya, termasuk terkait aktivitas di lingkungan sekolah dan jadwalnya.

Walau sekolah tatap muka mulai diterapkan nanti 11 Januari 2021 di Kota Bogor tapi sekolah tetap melakukan metode kombinasi antara pembelajaran jarak jauh dan sekolah tatap muka. Karena ini untuk memastikan kapasitas kelas hanya sekitar 30 sampai 50 persen sekaligus mengakomodir siswa yang tak mendapatkan izin dari orangtua untuk ke sekolah. Dari sisi tenaga pengajar, guru-guru juga akan menjalani swab serta menjadi prioritas untuk vaksin nanti.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.