Pemkot Bogor Resmikan Kampung Buntar Jadi Pusat Industri Pala

Bisnis

Pemkot Bogor Resmikan Kampung Buntar Jadi Pusat Industri Pala

Buah Pala merupakan buah khas Maluku yang bentuknya mirip duku, tapi ukurannya lebih besar. Buah yang mengandung minyak asiri ini merupakan salah satu favorit buah di masa kolonial karena harga jualnya tinggi. Buah ini juga memiliki banyak manfaat, semua bagiannya bisa dimanfaatkan untuk masakan, obat, maupun kebutuhan sehari-hari. Sehingga pala semakin dilestarikan agar semakin banyak dan lebih mudah ditemukan dan tentunya dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Pemkot Bogor Resmikan Kampung Buntar Jadi Pusat Industri Pala

Misalnya di Bogor, buah ini dagingnya diambil dan dijadikan manisan. Buah pala sendiri dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh karena mengandung lemak total, protein, sodium, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Maka dari itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) membentuk dan resmi memperkenalkan Kampung Buntar pada (28/1/2020) lalu.

Kampung Buntar sendiri letaknya berada di Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor sebagai salah satu wilayah sentra penghasil olahan buah pala terlaris. Pemkot Bogor meramaikan acara dengan melakukan penanaman ratusan bibit pohon pala.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Ikut Panen di Cagar Buah Condet]

200 bibit pohon pala ditanam di atas Saung Kelompok Wanita Tani (KWT) Bina Tani, RT 04/RW 08, Kelurahan Muarasari. Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menyebutkan, dipilihnya Kampung Buntar lantaran di wilayah tersebut telah memiliki produsen pengolahan buah pala industri rumahan.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama melakukan penanaman pohon buah pala, ada sebanyak 200 bibit. Tujuannya adalah untuk menjadikan Kampung Buntar ini sebagai Kampung Pala, kampung tematik berbasis pertanian sebagai penghasil pala," ujar Dedie seperti dilansir dari kotabogor.go.id (29/1/2020).

Kampung Buntar sendiri dikenal sebagai tempat produksi olahan buah pala yang dikelola oleh warga setempat. Produk olahan dari buah pala yang diproduksi dan dikelola oleh warga ini pun menghasilkan berbagai jenis makanan dan minuman, seperti manisan, sirup, minuman kemasan dan permen pala.

[Baca Juga: Kabupaten Bogor Ekspor Manggis ke Negeri Tirai Bambu]

"Mudah-mudahan ini bisa terus ditularkan ke warga lainnya dan produksi pala di sini bertambah, sehingga buah pala ini menjadi produk unggulan di Kota Bogor. Terutama juga dalam rangka untuk mendukung program urban farming," kata Dedie.

Kepala DKPP Kota Bogor Anas S. Rasmana menambahkan, pihaknya akan terus melakukan mengembangkan kawasan ekowisata di setiap wilayah. Anas menyebut, ke depannya akan ada penanaman bibit pohon pala sebanyak seribu bibit pala. Penanaman bibit pala ini nantinya akan terpusat di wilayah Kelurahan Muarasari.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.