Pemkot Bogor Secara Tegas Tekan Tawuran Pelajar

Pendidikan

Pemkot Bogor Secara Tegas Tekan Tawuran Pelajar

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tampaknya semakin merasa geram dengan kekerasan yang terjadi di lingkungan dunia pendidikan, khususnya terkait tawuran. Demi menekan terjadinya tawuran, Wali Kota Bogor Bima Arya memutuskan untuk menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Pemkot Bogor sampai kepala sekolah SMA serta SMK se-Kota Hujan dalam rangka untuk membahas usaha menghentikan kekerasan ini.

Rapat koordinasi di digelar di Balai Kota Bogor pada 27 Januari 2020. Dengan banyak pihak yang turut menghadirinya. Dari mulai Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fluser, Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Kolonel Arm Teguh Cahyadi, Ketua DPRD Kota Bogor Rudi Susmanto, Komanda Denpom III/1 Bogor Letkol CPM Sugiarto, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bogor Karyadi dan perwakilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Pemkot Bogor Secara Tegas Tekan Tawuran Pelajar

Saat membuka rapat, Bima Arya menyebut, pertemuan ini dalam rangka menangani tawuran yang kerap terjadi beberapa waktu terakhir. “Kita berkoordinasi Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) lengkap, berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui KCD (Kantor Cabang Dinas) dan para kepala sekolah. Jadi masalah tawuran ini kami anggap sudah sangat serius karena kita melihat bukan saja peristiwa berapa hari terakhir, tetapi tren secara keseluruhan,” ujar orang nomor satu di Kota Hujan itu, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (27/1/2020).

[Baca Juga: Cegah Tawuran, Pemkot Jakarta Timur Adakan Pelatihan Otomotif]

Dari kekhawatiran merebaknya tawuran ini, Pemkot bogor pun memberikan enam poin yang akan direalisasi semua pemangku kebijakan di Kota Hujan, baik pendidikan dan keamanan. Poin itu terdiri dari:

  • Pemkot Bogor dukung kepolisian untuk melakukan penindakan hukum secara tegas untuk menimbulkan efek jera.
  • Pemkot Bogor akan menerapkan Perda Ketertiban Umum yang dapat menjatuhkan hukuman denda hingga penjara bagi siapa saja yang mengganggu ketertiban umum atau meresahkan warga.
  • Pemkot Bogor memberikan rekomendasi untuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar dapat menjatuhkan sanksi atau perhatian khusus untuk sekolah-sekolah yang siswanya kerap terlibat tawuran.
  • Pemkot dan Kepolisian Bogor akan mulai patroli 24 jam ke setiap wilayah di Kota Hujan demi memastikan tidak ada kerumunan serta membubarkan kegiatan pelajar yang nongkrong yang dipandang dapat memicu kerawanan tawuran.
  • Tim siber di Pemkot Bogor akan berkoordinasi dengan Polresta Bogor dalam memantau media sosial di Kota Hujan demi menyelidiki indikasi penjualan senjata tajam atau postingan yang mengarah ke tawuran.
  • Pemkot bogor meminta pembinaan terhadap guru serta orangtua dapat berjalan untuk membimbing anak-anak mereka agar terhindar dari perilaku kekerasan.

[Baca Juga: Antisipasi Tawuran Saat Ramadan, Wali Kota Jaktim Hadirkan Bimbel]

Permasalahan tawuran di Kota Bogor memang sudah meresahkan. Apalagi berdasarkan keterangan Kapolresta Bogor, dalam dua minggu terakhir saja sudah ada sekitar 20 pelajar serta alumni dari sekolah tertentu yang diciduk karena terlibat dalam tawuran. “Ada tiga tawuran yang terjadi dua minggu terakhir ini, yang pertama tiga korban yang sempat viral karena salah satunya tangan putus. Sembilan tersangka sudah diamankan, sekarang kami tahan di Polres. Yang kedua, malam Sabtu kemarin, ada dua kejadian, di Bogor Utara kemudian di Bogor Tengah,” tambah Kombes Hendri Fiuser.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.