Pemkot Bogor Siap Kembali Terapkan PSBB Hingga 26 Mei

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Siap Kembali Terapkan PSBB Hingga 26 Mei

Melihat perkembangan COVID-19 di wilayah Jabodetabek, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana untuk mengajukan perpanjangan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di wilayahnya. Bila pengajuan ini diberikan lampu hijau dari Kementerian Kesehatan maka ini Kota Hujan akan menggelar PSBB tahap ketiga yang berjalan sampai 26 Mei 2020 atau pasca-Idul Fitri.

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya, pertimbangan memperpanjang PSBB Bogor dihasilkan dari evaluasi kebijakan PSBB sebelumnya. Dalam PSBB tahap ketiga nanti, Pemkot Bogor berencana untuk melakukan swab test serta rapid test yang lebih intens dalam rangka untuk berusaha terus memutus mata rantai penyebaran virus Corona penyebab COVID-19 di wilayahnya.

[Baca Juga: Bogor Raya Siagakan 85 Check Piont Selama Masa PSBB]

Terkait swab test serta rapid test di Kota Hujan, Pemkot Bogor sendiri pada masa PSBB tahap kedua memperkirakan ada sekitar 30 sampai 50 tes yang setiap harinya dilakukan. Dengan PSBB tahap ketiga, nantinya tes untuk mendeteksi ini virus SARS-CoV-2 itu akan dilakukan lebih sering dengan target lokasinya adalah pasar dan stasiun.

“Kami sudah mengevalusasi PSBB tahap kedua yang sudah berjalan selama dua minggu terakhir, malam nanti tepat pukul 00.00 WIB, PSBB tahap dua berakhir. Jadi, berdasarkan data yang disuguhkan pakar epidemiologi, Dinkes (Dinas Kesehatan), Dishub (Dinas Perhubungan), dan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) kita sepakat secara resmi mengajukan kepada Gubernur Jawa Barat untuk PSBB tahap ketiga selama 14 hari yang dimulai besok,” sebut orang nomor satu di Kota Hujan tersebut, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (11/5/2020).

Pemkot Bogor Siap Kembali Terapkan PSBB Hingga 26 Mei

Menurut Wali Kota Bogor tersebut, PSBB tahap kedua yang selama ini diterapkan di Kota Hujan terbilang sangat membantu menekan penyebaran COVID-19 di wilayahnya. Sehingga untuk semakin menekan lagi, Pemkot Bogor memandang kebijakan yang lebih ketat hingga momen lebaran nanti sangat dibutuhkan.

[Baca Juga: RSUD Kota Bogor Sudah Layani Pasien Non-COVID-19]

“Kami juga sepakat trennya yang landai itu harus diiringi langkah-langkah ketat agar ada percepatan penanganan COVID-19 di Kota Bogor. Ke depan akan ada momentum Idul Fitri yang tentunya harus diantisipasi dengan langkah-langkah yang lebih ketat,” sambung Bima Arya.

Pemkot Bogor juga akan merumuskan hal teknis terkait PSBB tahap ketiga yang nantinya akan lebih ketat. Contohnya adalah terkait penggunaan angkutan umum yang di mana para warga yang akan bekerja diwajibkan membawa surat keterangan yang menjelaskan dirinya memang bekerja di sektor yang masuk pengecualian dalam PSBB. Selain itu, Pemkot Bogor juga akan menerapkan sanksi yang lebih mengarah ke sosial untuk menimbulkan efek jera karena melanggar kebijakan yang ditujukan untuk memutus mata rantai COVID-19 di Kota Hujan.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.