Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan beragam persiapan guna pembangunan proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) dan trem. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan proses revitalisasi terhadap Terminal Baranangsiang agar dapat mengakomodir stasiun untuk kedua moda angkutan umum tersebut. Dalam prosesnya, langkah awal yang dilakukan Pemkot Bogor adalah melakukan perpindahan rute bus di Terminal Baranangsiang.

Rencana pemindahan ini dibahas Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat ia menggelar apel di Terminal Baranangsiang dengan Badan Pengelola Transportasi Jabotabek atau BPTJ dan Musyawarah Pimpinan-Daerah (Muspida) Kota dan Kabupaten di awal pekan ini. Dalam pemaparannya, pemindahan ini diawali dengan menargetkan sejumlah rute bus dari Terminal Tipe A di Terminal Baranangsiang.

Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang

“Yang pertama kami sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat juga agar operasionalisasi bus wilayah Bogor, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Cobadang, mungkin nanti akan geser ke Ciawi. Kemudian untuk Bogor, Tangerang, BSD, Ciputat, kita akan coba geser ke Terminal Bubulak,” tutur Dedi A. Rachim, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (6/8/2019).

[Baca Juga: Selain LRT, Pemkot Bogor Berencana Bangun Trem]

Pemindahan trayek ini sejalan dengan rencana revitalisasi Terminal Baranangsiang sejalan dengan proyek beragam simpul moda transportasi publik yang berpusat di Terminal Baranangsiang. Mengingat terminal di Kota Hujan ini akan diarahkan untuk mendukung pembangunan Transit Oriented Development (TOD) yang memaksimalkan penggunaan bus kota, LRT, dan trem di Kota Bogor.

Walau menurut Wakil Wali Kota Bogor, stasiun akhir LRT belum tentu akan didirikan di Terminal Baranangsiang tetapi pembangunannya dipandang akan dilakukan di sekitar area terminal tersebut. “Memang belum tentu di dalam terminal ini, tetapi mungkin di area sekitar sini, kemudian juga ada bus dan juga ada trem. Untuk itu kita perlu persiapan mendalam beberapa pihak,” ujar Dedie.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terus Kaji Persiapan Proyek LRT]

Dimulainya proyek revitalisasi Terminal Baranangsiang secara sepenuhnya akan mulai dilakukan pada akhir tahun 2019. Berdasarkan penjelasan dari Kepala BPTJ Bambang Prihartono, proyek ini akan diadakan secara beriringan dengan pembangunan transportasi trem serta LRT. Ia memandang saat selesai nanti, konsep TOD pun dapat dilakukan secara efektif dan mempermudah perjalanan masyarakat Kota Bogor sebagai alternatif dari kereta komuter yang sudah padat.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.