Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan beragam persiapan guna pembangunan proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) dan trem. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan proses revitalisasi terhadap Terminal Baranangsiang agar dapat mengakomodir stasiun untuk kedua moda angkutan umum tersebut. Dalam prosesnya, langkah awal yang dilakukan Pemkot Bogor adalah melakukan perpindahan rute bus di Terminal Baranangsiang.

Rencana pemindahan ini dibahas Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat ia menggelar apel di Terminal Baranangsiang dengan Badan Pengelola Transportasi Jabotabek atau BPTJ dan Musyawarah Pimpinan-Daerah (Muspida) Kota dan Kabupaten di awal pekan ini. Dalam pemaparannya, pemindahan ini diawali dengan menargetkan sejumlah rute bus dari Terminal Tipe A di Terminal Baranangsiang.

Pemkot Bogor Siap Revitalisasi Terminal Baranangsiang

“Yang pertama kami sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat juga agar operasionalisasi bus wilayah Bogor, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Cobadang, mungkin nanti akan geser ke Ciawi. Kemudian untuk Bogor, Tangerang, BSD, Ciputat, kita akan coba geser ke Terminal Bubulak,” tutur Dedi A. Rachim, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (6/8/2019).

[Baca Juga: Selain LRT, Pemkot Bogor Berencana Bangun Trem]

Pemindahan trayek ini sejalan dengan rencana revitalisasi Terminal Baranangsiang sejalan dengan proyek beragam simpul moda transportasi publik yang berpusat di Terminal Baranangsiang. Mengingat terminal di Kota Hujan ini akan diarahkan untuk mendukung pembangunan Transit Oriented Development (TOD) yang memaksimalkan penggunaan bus kota, LRT, dan trem di Kota Bogor.

Walau menurut Wakil Wali Kota Bogor, stasiun akhir LRT belum tentu akan didirikan di Terminal Baranangsiang tetapi pembangunannya dipandang akan dilakukan di sekitar area terminal tersebut. “Memang belum tentu di dalam terminal ini, tetapi mungkin di area sekitar sini, kemudian juga ada bus dan juga ada trem. Untuk itu kita perlu persiapan mendalam beberapa pihak,” ujar Dedie.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terus Kaji Persiapan Proyek LRT]

Dimulainya proyek revitalisasi Terminal Baranangsiang secara sepenuhnya akan mulai dilakukan pada akhir tahun 2019. Berdasarkan penjelasan dari Kepala BPTJ Bambang Prihartono, proyek ini akan diadakan secara beriringan dengan pembangunan transportasi trem serta LRT. Ia memandang saat selesai nanti, konsep TOD pun dapat dilakukan secara efektif dan mempermudah perjalanan masyarakat Kota Bogor sebagai alternatif dari kereta komuter yang sudah padat.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.