BOGOR-KAWASAN-TINGKATKAN MINAT PARIWISATA PEMKOT BOGOR PEMKOT BOGOR REVITALISASI DANAU SITU GEDE-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Siapkan Anggaran Revitalisasi Danau Situ Gede

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana untuk merevitalisasi danau Situ Gede yang berada di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Rencana revitalisasi tersebut disambut baik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Sahlan Rasyidi mengungkapkan, kemungkinan revitalisasi ini dilakukan pada tahun 2019 atau paling lama pada 2020 mendatang. Nantinya, Pemkot Bogor akan dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membuat Detail Engineering Design (DED) Situgede.

Situ Gede, dalam Bahasa Sunda berarti kolam besar. Namun, mengutip lovelybogor.com, tempat itu lebih dekat dengan kolam mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga layak disebut danau. Ini adalah satu tempat di sisi barat Kota Bogor yang sering dikunjungi penduduk lokal dan juga orang-orang dari luar Bogor.

Situ Gede Bogor sebenarnya hanya sebuah reservoir atau bak penampung dalam sistem penyediaan air minum yang dibuat puluhan tahun yang lalu untuk mengairi sawah di sekitarnya. Namun saat ini, Situ Gede Bogor telah dikenal lebih sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bogor. Orang-orang datang ke sini untuk bermain atau sekadar bersantai. Terutama, karena daerah sekitarnya cukup hijau untuk lokasi kolam dikelilingi pepohonan.

Siapkan Anggaran

“Tanggal 31 Desember kami sudah kirimkan permohonan ke provinsi. Salah satu acuan untuk Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) 2018,” ujar Sahlan seperti dilansir dari radarbogor.id, (4/1/2019).

Revitalisasi lahan seluas enam hektare itu setidaknya membutuhkan anggaran Rp15 miliar. Sahlan merinci, anggaran tersebut dipakai untuk penataan insfrastruktur, pengerukan, penambahan wahana permainan, hingga membangun sentralisasi wisata kuliner Kota Bogor.

Meskipun menelan anggaran besar, Sahlan merasa optimistis Situ Gede ke depannya akan menjadi salah satu tempat destinasi pariwisata kebanggaan masyarakat Bogor. Peningkatan minat pariwisata ini akan mendorong pendapatan pajak, bahkan kemungkinan mengalami peningkatan yang maksimal dan signifikan.

[Baca Juga: Taman Buah Cikaret, Destinasi Wisata di Bogor Jawa Barat]

Pasalnya, terletak tepat di tepi hutan Dramaga yang merupakan hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan ini kawasan Situ Gede sering kali dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi harian maupun akhir pekan bagi warga Bogor dan sekitarnya.

Pengunjung yang mendatangi kawasan ini dapat mengitari danau dengan perahu, memacing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini juga kerap kali digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Lokasi Situ Gede berada kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 kilometer di utara Teminal Bubulak. Tidak jauh dari Situ Gede terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional, Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga, dan Kampus IPB Dramaga.

[Baca Juga: Menelisik Sejarah Singkat ‘Calon’ Kampus Negeri Milik Bekasi]

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Setu Gede Zainal Abidin mengaku sudah terlalu lama Situ Gede ini dibiarkan. Padahal, pengunjung yang datang ke lokasi danau itu lumayan cukup banyak.

"Masih dikelola dengan apa adanya. Kalau ditanya manajemen yang profesional, saya rasa belum ada. Intinya masih perlu mendapatkan sentuhan lebih supaya lebih keren,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.