BOGOR-KAWASAN-TINGKATKAN MINAT PARIWISATA PEMKOT BOGOR PEMKOT BOGOR REVITALISASI DANAU SITU GEDE-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Siapkan Anggaran Revitalisasi Danau Situ Gede

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana untuk merevitalisasi danau Situ Gede yang berada di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Rencana revitalisasi tersebut disambut baik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Sahlan Rasyidi mengungkapkan, kemungkinan revitalisasi ini dilakukan pada tahun 2019 atau paling lama pada 2020 mendatang. Nantinya, Pemkot Bogor akan dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membuat Detail Engineering Design (DED) Situgede.

Situ Gede, dalam Bahasa Sunda berarti kolam besar. Namun, mengutip lovelybogor.com, tempat itu lebih dekat dengan kolam mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga layak disebut danau. Ini adalah satu tempat di sisi barat Kota Bogor yang sering dikunjungi penduduk lokal dan juga orang-orang dari luar Bogor.

Situ Gede Bogor sebenarnya hanya sebuah reservoir atau bak penampung dalam sistem penyediaan air minum yang dibuat puluhan tahun yang lalu untuk mengairi sawah di sekitarnya. Namun saat ini, Situ Gede Bogor telah dikenal lebih sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bogor. Orang-orang datang ke sini untuk bermain atau sekadar bersantai. Terutama, karena daerah sekitarnya cukup hijau untuk lokasi kolam dikelilingi pepohonan.

Siapkan Anggaran

“Tanggal 31 Desember kami sudah kirimkan permohonan ke provinsi. Salah satu acuan untuk Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) 2018,” ujar Sahlan seperti dilansir dari radarbogor.id, (4/1/2019).

Revitalisasi lahan seluas enam hektare itu setidaknya membutuhkan anggaran Rp15 miliar. Sahlan merinci, anggaran tersebut dipakai untuk penataan insfrastruktur, pengerukan, penambahan wahana permainan, hingga membangun sentralisasi wisata kuliner Kota Bogor.

Meskipun menelan anggaran besar, Sahlan merasa optimistis Situ Gede ke depannya akan menjadi salah satu tempat destinasi pariwisata kebanggaan masyarakat Bogor. Peningkatan minat pariwisata ini akan mendorong pendapatan pajak, bahkan kemungkinan mengalami peningkatan yang maksimal dan signifikan.

[Baca Juga: Taman Buah Cikaret, Destinasi Wisata di Bogor Jawa Barat]

Pasalnya, terletak tepat di tepi hutan Dramaga yang merupakan hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan ini kawasan Situ Gede sering kali dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi harian maupun akhir pekan bagi warga Bogor dan sekitarnya.

Pengunjung yang mendatangi kawasan ini dapat mengitari danau dengan perahu, memacing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini juga kerap kali digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Lokasi Situ Gede berada kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 kilometer di utara Teminal Bubulak. Tidak jauh dari Situ Gede terdapat Pusat Penelitian Kehutanan Internasional, Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga, dan Kampus IPB Dramaga.

[Baca Juga: Menelisik Sejarah Singkat ‘Calon’ Kampus Negeri Milik Bekasi]

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Setu Gede Zainal Abidin mengaku sudah terlalu lama Situ Gede ini dibiarkan. Padahal, pengunjung yang datang ke lokasi danau itu lumayan cukup banyak.

"Masih dikelola dengan apa adanya. Kalau ditanya manajemen yang profesional, saya rasa belum ada. Intinya masih perlu mendapatkan sentuhan lebih supaya lebih keren,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri.jpg

Hobi dan Hiburan

Unplug, Ambisi Anak Bangsa Hadirkan Game Shooter ala Retro Buatan Dalam Negeri

06 December 2022, 12:02

PSE belum lama ini mengundang developer game GoldLime Studios untuk membahas proyek game ambisius mereka berjudul Unplug.

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.


Comments


Please Login to leave a comment.