Pemkot Bogor Sosialisasikan Kawasan Bebas Ojol.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bogor Sosialisasikan Kawasan Bebas Ojol

Salah satu pemicu kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah titik Kota Bogor adalah para driver ojek online alias ojol yang mangkal bukan pada tempatnya. Pemandangan ini sudah tak asing lagi bagi para pengguna jalur Sistem Satu Arah di Kota Hujan yang sering melihat motor-motor para driver ojol yang terparkir di ruang publik area ini. Demi mencegah aksi mangkal sembarangan di fasilitas publik ini terus dilakukan oleh ojol, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memutuskan mengambil langkah tegas dengan menerapkan kebijakan ini.

Kebijakan yang dimaksud di atas adalah Kawasan Bebas Ojek Online yang berada di Kota Bogor. Di mana terdapat enam titik ruas jalan yang masuk ke dalam cakupan kawasan ini seperti Jalan Pajajaran, Jalan Otista, Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Jalak Harupat, Jalan Kapten Muslihat, dan Jalan Paledang. Jalan-jalan ini masuk ke dalam area di seputaran jalur Sistem Satu Arah atau SSA di Kota Bogor.

Pemkot Bogor menerapkan kebijakan ini sebenarnya sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku di Kota Hujan. Dari mulai Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 21 Than 2017, Surat Keputusan Wali Kota Bogor Nomor 665/KEP.445-DISHUB/2021, dan Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 1 Tahun 2021.

Bantu Penataan Transportasi Ojol, Pemkot Bogor Gandeng Grab

Melalui kebijakan ini maka para driver ojol dilarang untuk berhenti dan memarkirkan kendaraannya di fasilitas publik atau sekitaran area ruas jalan. Namun ada pengecualian, yakni antar-jemput penumpang masih diperbolehkan dengan yang dilarang adalah mangkal dan berkumpul dengan para driver lainnya. Sebagaimana dilansir dari kotabogor.go.id (13/9/2021), pihak Dinas Perhubungan Kota Bogor dan petugas gabungan yang terdiri dari elemen TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mulai memberikan sosialisasi terkat kebijakan ini pada 13 September 2021.

Sosialisasi ini dilakukan melalui pemasangan spanduk di enam ruas jalan yang masuk Kawasan Bebas Ojek Online. Menurut Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bogor RA. Mulyadi, pihaknya juga siap memberikan teguran kepada driver ojol yang masih nekat mangkal di area ini dan ke depannya terdapat sanksi, baik itu administratif atau sanksi sosial, yang akan dijatuhkan saat tahap sosialisasi ini berakhir.

Pemkot Bogor juga tak hanya akan memberikan teguran atau sanksi saja kepada para driver saja. Karena mereka juga akan menegur pihak pengelola apps ojol terkait pelanggaran yang dilakukan driver mereka. Demi memastikan sosialisasi ini efektif, petugas gabungan disebut akan terus menggelar patroil serta sosialisasi Kawasan Bebas Ojol selama empat hari yang dimulai Senin kemarin.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.