Pemkot Depok Bahas Kemacetan yang Kerap Terjadi di Exit Tol Sawangan.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Depok Bahas Kemacetan yang Kerap Terjadi di Exit Tol Sawangan

Kehadiran pintu akses tol Sawangan di Tol Desari yang diresmikan pada Juli 2020 sebenarnya memicu pandangan positif dan negatif usai hampir selama setahun hadir. Dari sisi positif, kehadiran tol Sawangan disambut oleh warga Kota Depok yang memiliki kendaraan roda empat yang setiap harinya beraktivitas di Ibu Kota sehingga mempermudah akses mereka ke Jakarta. Namun di sisi negatifnya, kemacetan cenderung kerap terjadi khususnya di area pintu keluar tol Sawangan. Sisi pro-kontra inilah yang akhirnya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berupaya mencari solusinya.

Bila membahas mengenai kemacetan yang terjadi sebenarnya pada tahun lalu, Wali Kota Depok Mohammad Idris sudah mengeluhkan kemacetan yang terjadi akibat kehadiran tol Sawangan. Di mana dirinya menyuarakan berbagai masukan kepada pihak kontraktor terkait keberadaan exit tol di Gerbang Tol Sawangan 4 khususnya terkait dua belokan yang memang padat lalu lintasnya, karena belok ke kanan arah Bojongsari dan kiri ke arah Jalan Margonda Raya.

Pemkot Depok Bahas Kemacetan yang Kerap Terjadi di Exit Tol Sawangan .jpg

Namun tampaknya masukan itu tak menemukan titik terangnya sehingga Pemkot Depok pun kembali menyuarakan keluhannya terkait kemacetan tersebut dan kali ini ke pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. Keluhan itu disampaikan dalam pertemuan di Balai Kota Depok pada 6 April 2021. Dengan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono yang menyampaikan duduk persoalan exit tol Sawangan tersebut

Ia menyebut, kepadatan kendaraan di Jalan Sawangan sudah kurang terkendali, apalagi sejak kehadiran tol Desari. “Ada dua sisi pandangan dari masyarakat. Ada kemudahan yang diberikan dengan akses langsung menuju ke Jakarta. Namun di sisi satunya, masyarakat yang lain dikorbakan atas kepadatan yang terjadi saat dibukanya pintu tol,” ujar orang nomor dua di Kota Depok tersebut, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (6/4/2021).

[Baca Juga: Kurangi Kemacetan, Warga Depok Diajak Manfaatkan Park and Ride]

“Saya bersama Kepala Dinas Perhubungan Dadang Wihana, Kepala Dinas PUPR Dadan Rustandi, Kepala Dinas Rumkin Dudi Miraz Imaduddin serta anggota DPRD Kota Depok Bang Ade Firmansyah bertemu dan membicarakan permasalahan ini,” sambungnya.

Walau pria yang akrab disapa IBH itu tak memaparkan apa saja secara detail yang didiskusikan terkait solusi kemacetan di pintu keluar tol Sawangan. Namun salah satu yang dikemukakan adalah terkait perpanjangan akses masuknya Transjakarta ke Terminal Terpadu Kota Depok. Hal ini diharapkan dapat menjadi bentuk solusi awal untuk mengendalikan kepadatan di area exit tol Sawangan tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.