Pemkot Depok Dorong Potensi Ekonomi dari Buah Ikoniknya

Berita Kawasan

Pemkot Depok Dorong Potensi Ekonomi dari Buah Ikoniknya

Ada alasan mengapa Kota Depok memiliki julukan Kota Belimbing. Pasalnya, buah yang memiliki rasa segar ini merupakan salah satu hasil pertanian lokal yang ikonik di kota ini. Sehingga tak heran bila Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ingin terus mendorong agar buah ini, khususnya belimbing dewa, dilestarikan dan tetap populer. Oleh karena itulah, baru-baru ini Pemkot Depok menggelar kegiatan Festival Belimbing Depok.

Kegiatan ini diadakan di Halaman Balai Kota Depok pada 10 Maret 2020. Di mana Festival Belimbing Depok dibuka langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ia memberikan komitmennya bahwa Pemkot Depok siap mendukung lestarinya buah belimbing, mengingat hasil pertanian ini memang memiliki potensi ekonomi.

Pemkot Depok Dorong Potensi Ekonomi dari Buah Ikoniknya

“Melalui ajang festival belimbing ini, kita ingin membuktikan kepada masyarakat supaya lebih menyadari, memahami, dan mengakui bahwa produk petani Depok adalah produk berkualitas,” ungkap orang nomor satu di Kota Depok itu, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (10/3/2020).

Mohammad Idris menyebut, belimbing dewa merupakan produk unggulan yang sudah lama dikenal di Kota Depok. Sehingga dalam rangka agar buah ini tetap populer dan tak tergerus zaman atau kalah dengan buah lain, contohnya buah impor, Pemkot Depok memilih untuk rutin menggelar pasar tani. Dengan para petani belimbing di Kota Depok yang bisa memanfaatkannya untuk mengenalkan sekaligus menjual hasil panennya.

[Baca Juga: Berburu Belimbing untuk Hipertensi di Depok Baru]

“Festival belimbing dan pasar tani merupakan cara agar para pembudidaya belimbing di Depok tetap memiliki semangat dan harapan agar manfaatnya bisa diketahui secara luas oleh masyarakat,” lanjutnya.

Terkait pengertian belimbing dewa, menurut Wali Kota Depok di wilayah terdapat sekitar 20 kelompok tani. Mereka tersebar di kawasan Kecamatan Pancoran Mas, Sawangan, Limo, Cimanggis, dan Tapos.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan]

Berbicara mengenai buah ikonik ini, sekadar informasi terdapat dua tanggapan mengapa Kota Depok identik dengan buah belimbing. Sebagaimana dilansir dari megapolitan.kompas.com (15/12/2019), pandangan pertama adalah buah ini disinyalir melambangkan rukun Islam yang identik dengan Kota Depok. Mengingat buah belimbing memiliki lima segi dan sama dengan jumlah rukun Islam. Selain itu, Kota Depok dulunya memang terkenal banyak petani buah yang berjualan dan salah satu produk yang dijual adalah buah belimbing.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>