Pemkot Depok Luncurkan Program Sekolah Ayah Bunda

Pendidikan

Pemkot Depok Luncurkan Program Sekolah Ayah Bunda

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memandang salah satu realisasi untuk membangun keluarga yang kokoh di wilayahnya adalah melalui edukasi untuk suami dan istri. Pasalnya, kurangnya pemahaman mengenai pernikahan ternyata disinyalir menjadi pemicu perceraian di Kota Depok. Oleh karena itulah Pemkot Depok meluncurkan program baru bernama Sekolah Ayah Bunda yang diharapkan dapat membuat orangtua di kota tersebut mampu membangun keluarga yang berkualitas.

Menurut Pemkot Depok program ini awalnya digagas sebagai sarana pembelajaran untuk ibu dan ayah dalam pengelolaan keluarga, khususnya mengenai kesejahteraan buah hatinya. Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan, ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

Pemkot Depok Luncurkan Program Sekolah Ayah Bunda

Mogammad Idris menegaskan, anak merupakan aset bangsa yang berharga sehingga patut dilindungi. “Kehebatan suatu bangsa dimulai dari unit terkecil keluarga. Saat keluarga kokoh maka bisa menjadi solusi dari permasalahan bangsa,” ujarnya pada peresmian Sekolah Ayah Bunda di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (17/7/2019).

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

Dalam realisasinya, program ini akan digelar mulai November 2019 dalam beberapa gelombang. Dengan gelombang pertama terbuka untuk sekitar 25 pasangan yang berusia di bawah 45 tahun. Menariknya, program ini tidak dipungut biaya sama sekali dan nantinya para orangtua akan mengikuti pelatihan yang diisi pembicara yang terdiri dari pakar parenting, psikolog, dan tokoh-tokoh lainnya yang memahami mengenai masalah-masalah di dalam keluarga serta cara menanganinya.

Program Sekolah Ayah Bunda ini juga digelar untuk memberikan pemahaman kuat mengenai pernikahan demi mencegah perceraian. Sebagaimana dilansir dari akurat.co, pada acara peluncuran program ini, Mohammad Idris mengutarakan, dari sekitar 3.500 kasus perceraian di Depok dipicu faktor persepsi pernikahan. Oleh karena itulah, selain pemberian materi, para pembicara dalam program ini akan memaparkan bagaimana cara mempraktekkan ketahanan keluarga.

[Baca Juga: Akhirnya Pemkot Depok Ikut Luncurkan Program Sekoper Cinta]

Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok merupakan pihak yang menyusun materi untuk program Sekolah Ayah Bunda. Di mana pertemuannya dibagi enam sesi untuk ibu dan ayah. Contoh materi untuk ayah adalah Ayah Pemimpin Keluarga, Ayah Idolaku, dan Entrepreneurship dalam Keluarga. Sedangkan untuk ibu ada materi Bunda Bahagia Keluarga Bahagia, Bunda Dokter di Rumah, Rumah Rapi, serta Menyusun Menu Sehat dan Bergizi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.