Pemkot Depok Luncurkan Program Sekolah Ayah Bunda

Pendidikan

Pemkot Depok Luncurkan Program Sekolah Ayah Bunda

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memandang salah satu realisasi untuk membangun keluarga yang kokoh di wilayahnya adalah melalui edukasi untuk suami dan istri. Pasalnya, kurangnya pemahaman mengenai pernikahan ternyata disinyalir menjadi pemicu perceraian di Kota Depok. Oleh karena itulah Pemkot Depok meluncurkan program baru bernama Sekolah Ayah Bunda yang diharapkan dapat membuat orangtua di kota tersebut mampu membangun keluarga yang berkualitas.

Menurut Pemkot Depok program ini awalnya digagas sebagai sarana pembelajaran untuk ibu dan ayah dalam pengelolaan keluarga, khususnya mengenai kesejahteraan buah hatinya. Wali Kota Depok Mohammad Idris menyampaikan, ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

Pemkot Depok Luncurkan Program Sekolah Ayah Bunda

Mogammad Idris menegaskan, anak merupakan aset bangsa yang berharga sehingga patut dilindungi. “Kehebatan suatu bangsa dimulai dari unit terkecil keluarga. Saat keluarga kokoh maka bisa menjadi solusi dari permasalahan bangsa,” ujarnya pada peresmian Sekolah Ayah Bunda di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (17/7/2019).

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

Dalam realisasinya, program ini akan digelar mulai November 2019 dalam beberapa gelombang. Dengan gelombang pertama terbuka untuk sekitar 25 pasangan yang berusia di bawah 45 tahun. Menariknya, program ini tidak dipungut biaya sama sekali dan nantinya para orangtua akan mengikuti pelatihan yang diisi pembicara yang terdiri dari pakar parenting, psikolog, dan tokoh-tokoh lainnya yang memahami mengenai masalah-masalah di dalam keluarga serta cara menanganinya.

Program Sekolah Ayah Bunda ini juga digelar untuk memberikan pemahaman kuat mengenai pernikahan demi mencegah perceraian. Sebagaimana dilansir dari akurat.co, pada acara peluncuran program ini, Mohammad Idris mengutarakan, dari sekitar 3.500 kasus perceraian di Depok dipicu faktor persepsi pernikahan. Oleh karena itulah, selain pemberian materi, para pembicara dalam program ini akan memaparkan bagaimana cara mempraktekkan ketahanan keluarga.

[Baca Juga: Akhirnya Pemkot Depok Ikut Luncurkan Program Sekoper Cinta]

Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok merupakan pihak yang menyusun materi untuk program Sekolah Ayah Bunda. Di mana pertemuannya dibagi enam sesi untuk ibu dan ayah. Contoh materi untuk ayah adalah Ayah Pemimpin Keluarga, Ayah Idolaku, dan Entrepreneurship dalam Keluarga. Sedangkan untuk ibu ada materi Bunda Bahagia Keluarga Bahagia, Bunda Dokter di Rumah, Rumah Rapi, serta Menyusun Menu Sehat dan Bergizi.


Read More

Artikel Lainnya

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.


Comments


Please Login to leave a comment.