Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga di 238 RW.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga di 238 RW

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok baru-baru ini memutuskan untuk menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Kampung Siaga atau PSKS COVID-19 di sekitar 238 Rukun Warga (RW) yang ada di wilayahnya. Hal ini disinyalir dipengaruhi dengan kasus COVID-19 yang ada di ratusan RW tersebut dan kebijakan PSKS merupakan langkah Pemkot Depok dalam menekan tren reproduksi efektif (Rt) yang terjadi di sana).

Sebagaimana dilansir dari berita.depok.go.id (25/10/2020) ratusan RW yang menerapkan PSKS berada di 11 kecamatan yang di mana terdiri dari Kecamatan Sukmajaya (11 RW), Beji (26 RW), Pancoran Mas (27 RW), Sawangan (24 RW), Cinere (tujuh RW), Limo (17 RW), Cipayung (12 RW), Cilodong (17 RW), Cimanggis (21 RW), Tapos (18 RW), dan Bojongsari (26 RW). Status Pembatasan Sosial Kampung Siaga COVID-19 terhadap ratusan RW ini berlaku selama 14 hari dan sudah ditetapkan sejak 19 Oktober hingga 1 November 2020.

Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga di 238 RW .jpg

Menurut Pemkot Depok, keputusan ini diambil mengacu kepada Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/399/Kpts/Dinkes/Huk/2020 tentang penetapan wilayah PSKS COVID-19. Berdasarkan peraturan Wali Kota Depok, kebijakan ini diambil untuk membatasi kegiatan sosial di wilayah RW yang masuk ke dalam kategori zona merah COVID-19 yang berarti tingkat Rt tinggi.

Sekadar informasi, kebijakan mengenai PSKS sudah mulai dicoba diterapkan Pemkot Depok sejak sekitar empat bulan yang lalu. Di mana Pembatasan Sosial Kampung Siaga COVID-19 disebut Pemkot Depok diterapkan di wilayah RW dengan kasus konfirmasi COVID-19 atau sama dengan enam.

[Baca Juga: Ada 25 RW di Kota Depok yang Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga]

Dengan kebijakan Pembatasan Sosial Kampung Siaga COVID-19, maka akan ada kegiatan pelacakan kontak kasus positif di ratusan RW tersebut, kemudian sosialisasi serta edukasi terhadap para warganya, dan kegiatan desinfeksi rumah-rumah serta fasilitas umum yang ada di sana. Kegiatan mobilitas warga di RW PSKS juga dibatasi demi mencegah penyebaran ke wilayah lain.

Terkait perkembangan kasus COVID-19 di Kota Depok, saat ini terhitung sudah ada 6.775 orang dan per 25 Oktober 2020 sudah ada 5.259 orang yang dinyatakan sembuh. Kemudian kasus positif yang masih aktif ada 1.329 orang dengan yang meninggal dunia 187 orang.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.