Pemkot Depok Wacanakan Hadirkan Konsep Ekowisata di Tahura Depok .jpg

Berita Kawasan

Pemkot Depok Wacanakan Hadirkan Konsep Ekowisata di Tahura Depok

Kota Depok sebenarnya memiliki hutan raya yang disebut-sebut sebagai salah satu cagar alam tertua yang ada di Indonesia, bernama Taman Hutan Raya Pancora Mas. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ternyata memiliki rencana untuk meningkatkan pengunjung datang ke hutan raya yang juga dikenal dengan nama Tahura Depok itu. Di mana Pemkot Depok mewacanakan Tahura Depok sebagai objek wisata dengan konsep ekowisata.

Pemkot Depok melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tahura disebut sudah membuat berbagai program untuk cagar alam bersejarah yang berada di Kecamatan Pancoran Mas tersebut. Di mana program ini terdiri dari mulai merancang penataan serta penentuan zonasi, terkait kawasan konservasi dan budidaya tumbuh-tumbuhan, sampai pariwisata.

Pemkot Depok Wacanakan Hadirkan Konsep Ekowisata di Tahura Depok.jpg

“Sudah ada wacana atau arah ke ekowisata. Jadi ke depan Tahura ini bersifat konservasi. Ada nilai edukasi juga ada pariwisatanya,” ungkap Kepala UPTD Tahura Kota Depok Purnomo Sujudi, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (17/6/2020). Namun pihaknya disebut tidak bisa semata-mata merealisasikan wacana tersebut, karena rencana program tersebut akan diserahkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia terlebih dahulu.

Selain itu, penataan di cagar alam ini juga memiliki aturan tertentu yang harus dipatuhi pihak Pemkot Depok. “Tentunya mengacu pada ketentuan yang ada. Misalnya, konservasi, segi keamanan hewan yang ada di dalam yang harus kita pikirkan,” ujar Purnomo.

[Baca Juga: Air Terjun di Depok akan Dimaksimalkan sebagai Tempat Wisata]

Terkait konservasi hewan yang ada di Tahura Depok, cagar alam ini sebenarnya memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang beragam. Dari mulai harimau jawa, monyet kra, kancil, kijang muncak, rusa jawa, kelinci hutan, biawak, beragam jenis ular sampai burung disebut sudah lama menjadikan hutan yang sudah eksis dari tahun 1700-an ini sebagai rumah mereka.

Walau masih belum merealisasikan program yang masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang itu, UPTD Tahura Depok sendiri sudah melakukan penataan ringan di berbagai titik cagar alam tersebut. “Untuk tahap awal ini, kami telah melakukan renovasi pagar pembatas salah satu cagar alam tertua di Indonesia tersebut secara bertahap. Mudah-mudahan rencana ini berjalan dengan baik sehingga diharapkan keberadaan Tahura bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat, bisa cari/search di google ya guys.