Pemkot Jakarta Barat Fokus Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Barat Fokus Antisipasi Banjir

Salah satu wilayah yang rawan terjadinya genangan banjir ketika datangnya musim hujan adalah wilayah Jakarta Barat. Hal ini terlihat pada 21 September 2020 dengan hujan deras yang terus mengguyur pada malam harinya, setidaknya ada 14 RT dengan 23 ruas jalan yang tergenang banjir. Demi mengantisipasi hal sama terulang lagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat telah mengusulkan pengerjaan terhadap sejumlah titik rawan banjir tersebut. Tak lupa juga Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) turut dikerahkan dalam usaha antisipasi banjir Jakarta Barat.

Usulan itu disampaikan Pemkot Jakarta Barat dalam rapat virtual dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Setidaknya ada lima dari 50 titik yang menjadi langganan banjir di Jakarta Barat yang diusulkan pihak pemkot untuk segera dilakukan proyek penanganan. Di mana proyeknya seperti pembuatan kolam ulakan di Jalan Pangeran Tubagus Angke dan Kelurahan Wijaya Kusuma, pembuatan embung di Semanan dan Tegal Alur, serta penanganan saluran air di Komplek Green Garden.

Pemkot Jakarta Barat Fokus Antisipasi Banjir .jpg

“Titik-titik ini yang kami usulkan ke provinsi untuk segera ditindaklanjuti dalam rencana aksi. Pengerjaannya tentu melibatkan sumber daya, seperti tenaga, peralatan, dan sebagainya,” ungkap Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto pada rapat tersebut, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (14/10/2020).

Jika memang disetujui Pemprov DKI Jakarta maka rencana proyek penanganan banjir ini ditargetkan selesai pada tahun ini juga. Di mana rencana ini sebenarnya bagian dari permintaan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati yang meminta pada Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta untuk berkoordinasi dengan wali kota untuk aksi penanganan banjir. Usai mendengar pengajuan dari Wali Kota Jakarta Barat, Sri meminta semua pimpinan untuk inventaris 50 usulan rencana prioritas penanganan banjir.

[Baca Juga: Hujan Semalaman Menyisakan Sejumlah Titik Banjir di Jakarta Barat]

Selain menunggu persetujuan untuk proyek penanganan banjir dari Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Jakarta Barat juga bergerak dan mengerahkan petugas PPSU untuk ke lokasi rawan banjir. Di mana petugas PPSU ditugaskan untuk melakukan pembersihan terhadap saluran air yang tersumbat dan dapat memicu genangan air.

Hal ini bisa dilihat pada pekan ini di Kelurahan Kembangan Utara yang menurunkan petugas untuk membersihkan gorong-gorong air di Jalan Outer Ring Road RW 01. Di sini petugas PPSU bergerak untuk mengangkat tanah galian dan sampah yang menghambat saluran air. Kemudian hal serupa juga terlihat di Kelurahan Krendang dengan petugas PPSU membersihkan saluran air di kawasan RW 02 dan 03 dari lumpur dan sampah yang berhasil dikumpulkan hingga 100 karung.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.