Pemkot Jakbar Harapkan Para Lansia Jadi SMART

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Barat Harapkan Para Lansia Jadi SMART

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat mengadakan lomba senam kreasi lanjut usia (lansia) yang diikuti delapan tim perwakilan kecamatan. Lomba ini diadakan pada 23 April 2019 di ruang Ali Sadikin Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Tim yang mengikuti lomba senam kreasi lansia (lanjut usia) merupakan binaan puskesmas kecamatan sebagaimana diutarakan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta Barat Inad Luciawaty Rustam. Dia juga berpendapat, warga yang telah memasuki masa lansia semakin bijaksana dalam memanfaatkan berbagai pengalaman sebagai rujukan bagi yang lebih muda. Serta dia berharap agar warga lansia di Jakarta Barat menjadi motivator untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

[Baca Juga: Apa Olahraga Kardio yang Aman untuk Lansia?]

Lomba senam kreasi lansia diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 sebagaimana dilansir beritajakarta.id (23/4/2019). Kegiatan lomba dihadiri sekaligus dibuka Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat Eldi Andi.

Dalam sambutannya, dia mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk mempertahankan derajat kesehatan warga lansia di Jakarta Barat yang saat ini jumlahnya tercatat sebanyak 136.047 jiwa atau 7,4 persen dari jumlah seluruh penduduk kawasan Jakarta Barat. Jika dilihat dari jumlah lansia dan pra lansia yang sudah lebih dari 20 persen, maka upaya mempertahankan derajat kesehatan lansia perlu dilakukan.

[Baca Juga: Ini “Sekolah” Lansia di Pantai Indah Kapuk Jakarta]

Mengutip barat.jakarta.go.id (23/4/2019), hal tersebut seiring dengan usia harapan hidup (UHH) DKI Jakarta yakni 72,9 tahun. UHH DKI Jakarta diketahui diatas UHH Nasional yakni 71,2 tahun, yang artinya saat ini tujuh orang usia reproduktif menanggung satu orang lansia. Sehingga, Sekko Jakbar menyampaikan harapannya kepada para lansia di pembukaan lomba senam kreasi lansia. Dia berharap, para lansia mampu menjadi lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif).

Untuk mewujudkan Lansia SMART harus diterapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya dengan olahraga yang teratur dan terukur sesuai dengan Germas yang dicanangkan pemerintah.

[Baca Juga: Melawan Alzheimer dengan Line Dance]

“Olahraga yang terukur di antaranya senam yang disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan. Untuk mewujudkan Lansia SMART di Jakarta Barat, marilah kita melakukan olahraga yang teratur dan terukur. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat, perlindungan dan bimbingan-Nya kepada kita semua,” himbaunya.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.