Pemkot Jakarta Barat Rencanakan Kendalikan Masalah Gizi

Kesehatan

Pemkot Jakarta Barat Rencanakan Kendalikan Masalah Gizi

Pertemuan advokasi lintas sektor dan program membahas upaya pengendalian masalah gizi di Ruang Soewiryo, Blok B, kantor Wali Kota Jakarta Barat, pada 17 Oktober 2019. Kegiatan tersebut dihadiri anggota TP PKK Jakarta Barat, perwakilan bagian kesra kecamatan serta instansi terkait lainnya.

Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi oleh narasumber dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) yang fokus membahas permasalahan gizi yang masih menjadi masalah utama. Masalah gizi tersebut perlu penanganan secara berkesinambungan. Terutama saat ibu hamil, bayi, dan balita.

Pemkot Jakarta Barat Rencanakan Kendalikan Masalah Gizi

Melansir laman Barat.jakarta.go.id (18/10/2019), Sekretaris Kota Jakbar H. Eldi Andi mengatakan, ada beberapa faktor timbulnya permasalahan gizi yang disebabkan oleh pembangunan ekonomi, politik, sosial budaya, kemiskinan dan penyediaan akses pelayanan dan daya beli masyarakat. Faktor tersebut akan berdampak terhadap ketersediaan dan pola konsumsi pangan, pola asuh perawatan dan pelayanan kesehatan.

[Baca Juga: PPSB Jakarta Barat Gelar Pelatihan Musik Keroncong untuk Pelajar]

Menurutnya, penanganan permasalahan gizi perlu dilakukan intervensi baik, bersifat spesifik maupun sensitif. Intervensi spesifik merupakan intervensi yang lebih banyak peran kesehatan, sementara intervensi sensitif merupakan peran dan tugas di luar peran kesehatan.

Penanganan permasalahan gizi tidak hanya menjadi tugas kesehatan namun juga seluruh sektor dengan tupoksi masing-masing. "Pertemuan ini nantinya akan menghasilkan suatu bentuk rencana aksi pencegahan dan penurunan stunting di wilayah Jakarta Barat," paparnya. Kepala Sudis Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Watini menjelaskan, kegiatan ini digelar dengan latar belakang masih adanya permasalahan gizi, baik balita kurus dan kurus sekali, stunting dan lainnya.

[Baca Juga: Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang]

Terkait dengan itu, Sudis Kesehatan Jakarta Barat mengadakan kegiatan ini dalam upaya mengatasi permasalahan gizi di Jakarta, terutama Jakarta Barat. "Masalah gizi memang menjadi perhatian khusus pemerintah, dalam upaya penanggulangan," tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.