Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning di Trotoar untuk Pemandu Disabilitas

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning Pemandu Disabilitas

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan kampanye kegunaan Ubin Pemandu pada pedestrian untuk penyandang disabilitas, di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk pada Selasa pagi lalu (4/2/2019).

Kegiatan serentak di lima wilayah kota se DKI Jakarta itu kerjasama dengan komunitas Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN) dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI). Diikuti sekitar 94 penyandang disabilitas netra dan disabilitas lain. Kegiatan dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat H Eldi Andi.

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning di Trotoar untuk Pemandu Disabilitas

Kampanye dilakukan dengan berjalan beriringan di pedestrian yang telah dilengkapi ubin pemandu. Usai dilepas Seko, para penyandang disabilitas berjalan beriringan bersama aparatur Pemkot Jakarta Barat, kecamatan, kelurahan dan relawan sambil membentangkan spanduk menyusuri ubin pemandu di pedestrian. Dimulai dari depan kantor Kecamatan Kebon Jeruk-Jalan Lapangan Bola-simpang Relasi dan berakhir di halaman RCTI.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Atas nama Pemkot Jakarta Barat, Seko mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai serta membantu terselenggaranya kampanye kegunaan ubin pemandu untuk penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini ajang sosialisasi dan pemahaman kepada seluruh pihak, baik swasta maupun masyarakat umum akan pentingnya keberadaan fasilitas ubin pemandu pada pedestrian bagi para penyandang disabilitas, khususnya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat,” ujar Eldi.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan fasilitas fasilitas ini merupakan teknologi baru sebagai pengetahuan kekinian yang belum dipahami dan dirasakan secara langsung oleh para penyandang disabilitas, sehingga perlu disosialisasikan secara lebih luas baik dari Sekolah Luar Biasa (SLB) disabilitas netra kepada siswanya, maupun para pengurus organisasi disabilitas netra kepada anggotanya terkait cara penggunaan ubin pemandu berikut peta jalan yang sudah dipasang agar memudahkan mobilitasnya.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Ke depan, sambung Eldi, Pemkot Jakarta Barat akan terus menggencarkan kampanye kegunaan ubin pemandu termasuk kepada siswa SLB disabilitas netra, agar tepat guna fungsinya serta aman keberadaannya untuk dimanfaatkan dari oleh dan untuk masyarakat pengguna jalur pedestrian. “Kita akan sosialisasikan cara penggunaan ubin pemandu ini ke siswa SLB disabilitas netra di Jakarta Barat,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.