Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning di Trotoar untuk Pemandu Disabilitas

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning Pemandu Disabilitas

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan kampanye kegunaan Ubin Pemandu pada pedestrian untuk penyandang disabilitas, di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk pada Selasa pagi lalu (4/2/2019).

Kegiatan serentak di lima wilayah kota se DKI Jakarta itu kerjasama dengan komunitas Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN) dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI). Diikuti sekitar 94 penyandang disabilitas netra dan disabilitas lain. Kegiatan dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat H Eldi Andi.

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning di Trotoar untuk Pemandu Disabilitas

Kampanye dilakukan dengan berjalan beriringan di pedestrian yang telah dilengkapi ubin pemandu. Usai dilepas Seko, para penyandang disabilitas berjalan beriringan bersama aparatur Pemkot Jakarta Barat, kecamatan, kelurahan dan relawan sambil membentangkan spanduk menyusuri ubin pemandu di pedestrian. Dimulai dari depan kantor Kecamatan Kebon Jeruk-Jalan Lapangan Bola-simpang Relasi dan berakhir di halaman RCTI.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Atas nama Pemkot Jakarta Barat, Seko mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai serta membantu terselenggaranya kampanye kegunaan ubin pemandu untuk penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini ajang sosialisasi dan pemahaman kepada seluruh pihak, baik swasta maupun masyarakat umum akan pentingnya keberadaan fasilitas ubin pemandu pada pedestrian bagi para penyandang disabilitas, khususnya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat,” ujar Eldi.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan fasilitas fasilitas ini merupakan teknologi baru sebagai pengetahuan kekinian yang belum dipahami dan dirasakan secara langsung oleh para penyandang disabilitas, sehingga perlu disosialisasikan secara lebih luas baik dari Sekolah Luar Biasa (SLB) disabilitas netra kepada siswanya, maupun para pengurus organisasi disabilitas netra kepada anggotanya terkait cara penggunaan ubin pemandu berikut peta jalan yang sudah dipasang agar memudahkan mobilitasnya.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Ke depan, sambung Eldi, Pemkot Jakarta Barat akan terus menggencarkan kampanye kegunaan ubin pemandu termasuk kepada siswa SLB disabilitas netra, agar tepat guna fungsinya serta aman keberadaannya untuk dimanfaatkan dari oleh dan untuk masyarakat pengguna jalur pedestrian. “Kita akan sosialisasikan cara penggunaan ubin pemandu ini ke siswa SLB disabilitas netra di Jakarta Barat,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.