Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning di Trotoar untuk Pemandu Disabilitas

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning Pemandu Disabilitas

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melakukan kampanye kegunaan Ubin Pemandu pada pedestrian untuk penyandang disabilitas, di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk pada Selasa pagi lalu (4/2/2019).

Kegiatan serentak di lima wilayah kota se DKI Jakarta itu kerjasama dengan komunitas Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN) dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI). Diikuti sekitar 94 penyandang disabilitas netra dan disabilitas lain. Kegiatan dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat H Eldi Andi.

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Ubin Kuning di Trotoar untuk Pemandu Disabilitas

Kampanye dilakukan dengan berjalan beriringan di pedestrian yang telah dilengkapi ubin pemandu. Usai dilepas Seko, para penyandang disabilitas berjalan beriringan bersama aparatur Pemkot Jakarta Barat, kecamatan, kelurahan dan relawan sambil membentangkan spanduk menyusuri ubin pemandu di pedestrian. Dimulai dari depan kantor Kecamatan Kebon Jeruk-Jalan Lapangan Bola-simpang Relasi dan berakhir di halaman RCTI.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Atas nama Pemkot Jakarta Barat, Seko mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai serta membantu terselenggaranya kampanye kegunaan ubin pemandu untuk penyandang disabilitas.

“Kegiatan ini ajang sosialisasi dan pemahaman kepada seluruh pihak, baik swasta maupun masyarakat umum akan pentingnya keberadaan fasilitas ubin pemandu pada pedestrian bagi para penyandang disabilitas, khususnya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat,” ujar Eldi.

[Baca Juga: Mengurangi Diskriminasi, Ancol Rekrut 4 Karyawan Difabel]

Lebih lanjut dikatakan, keberadaan fasilitas fasilitas ini merupakan teknologi baru sebagai pengetahuan kekinian yang belum dipahami dan dirasakan secara langsung oleh para penyandang disabilitas, sehingga perlu disosialisasikan secara lebih luas baik dari Sekolah Luar Biasa (SLB) disabilitas netra kepada siswanya, maupun para pengurus organisasi disabilitas netra kepada anggotanya terkait cara penggunaan ubin pemandu berikut peta jalan yang sudah dipasang agar memudahkan mobilitasnya.

[Baca Juga: Kawanmain.co Bantu Teman Tuli dan Disabilitas Daksa Berbisnis]

Ke depan, sambung Eldi, Pemkot Jakarta Barat akan terus menggencarkan kampanye kegunaan ubin pemandu termasuk kepada siswa SLB disabilitas netra, agar tepat guna fungsinya serta aman keberadaannya untuk dimanfaatkan dari oleh dan untuk masyarakat pengguna jalur pedestrian. “Kita akan sosialisasikan cara penggunaan ubin pemandu ini ke siswa SLB disabilitas netra di Jakarta Barat,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.