Pemkot Jakarta Barat Tambah Car Free Day Jadi Sebulan Dua Kali

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Barat Tambah Car Free Day Jadi Sebulan Dua Kali

Hari Bebas Kendaraan Bermotoy (HBKB) atau biasa disebut car free day merupakan hari yang bertujuan untuk menyosialisasikan agar masyarakat tidak ketergantungan dengan kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya dimanfaatkan untuk berolahraga, menjaga lingkungan, dan beralih menggunakan transportasi umum.

HBKB di Jakarta pertama kali digelar pada 23 Mei 2002 dan dilaksanakan Koalisi Lembaga Swadaya Lingkungan. Awalnya car free day diselenggarakan hanya di hari minggu terakhir setiap bulannya dan berlangsung selama 8 jam, mulai dari pukul 06.00 - 14.00 WIB. Sempat mengalami beberapa perubahan, akhirnya car free day diselenggarakan setiap hari Minggu, dimulai dari pukul 06.00-11.00 WIB.

Pemkot Jakarta Barat Tambah Car Free Day Jadi Sebulan Dua Kali

Namun car free day bukan hanya dilaksanakan di jalan-jalan utama di ibu kota. Seluruh kota administratif tingkat provinsi di Jakarta pasti menyelenggarakan hari bebas kendaraan bermotor ini layaknya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat. Pemkot Jakarta Barat bahkan merencanakan untuk menggelar hari bebas kendaraan bermotor sebanyak dua kali dalam sebulan. Rencananya mengenai penambahan hari ini akan dimulai bulan Juli 2019.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Siapkan HBKB Rasa Festival Danau Sunter]

"Hari bebas kendaraan bermotor akan dilaksanakan dua kali dalam sebulan, yaitu pada pekan kedua dan keempat di bulan Juli 2019," kata Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat H Eldi Andi, terkait hasil rapat koordinasi SKPD/UKPD usai menindaklanjuti aspirasi warga, yakni menyepakati kegiatan car free day digelar dua kali dalam sebulan.

Melansir dari barat.jakarta.go.id (7/4/2019) menurut Eldi, SKPD/UKPD di lingkungan Pemkot Jakarta Barat telah menyatakan kesiapan untuk mendukung pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor yang awalnya satu hari, menjadi dua kali dalam sebulan. "Semoga dengan bertambahnya kegiatan hari bebas kendaraan bermotor, mampu mewujudkan kebahagiaan warga untuk berolahraga, berinteraksi dan rekreasi," kata Eldi.

[Baca Juga: Puluhan Anak Nikmati Atraksi Flying Fox saat HBKB di Jalan Gajah Mada]

Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di Jakarta Barat digelar di sepanjang Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk. Selama ini, warga Tamansari dan sekitarnya sangat antusias mengikuti kegiatan hari bebas kendaraan bermotor yang digelar sekali dalam setiap bulan. Masyarakat kerap kali memanfaatkan hari ini sebagai ruang interaksi, rekreasi dan berolahraga pagi hari dengan udara bebas polusi.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.