Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Setelah sukses digelar di wilayah Jakarta Selatan, kompetisi ikan hias tampaknya akan kembali digelar tapi dengan lokasi yang berbeda. Pasalnya, kali ini kompetisi untuk meningkatkan geliat pasar ikan hias itu diadakan di wilayah Jakarta Pusat dengan Pemerintah Kota Jakarta (Pemkot) Pusat sebagai pihak penyelenggara. Bila sesuai rencana maka kompetisi ikan hias jenis ikan mas koki tersebut akan diadakan di area halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1 Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Pemkot Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Kelautan (Sudin KPKP) Jakarta Pusat memandang kompetisi ikan hias dapat membantu pangsa ikan hias di wilayahnya, khususnya untuk jenis ikan mas koki. Jika sesuai rencana, maka kompetisi ikan mas koki itu akan diadakan pada Oktober 2019.

“Diharapkan bisa menaikkan nilai tambah untuk pemasaran mas koki. Kondisi pemasaran ikan hias secara umum kurang, (sehingga akan) digairahkan dengan kontes ini,” ujar Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat Sunarto, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (17/9/2019).

[Baca Juga: Pengusaha Ikan Hias Sambut Hangat Pameran di Plaza Kalibata]

Menariknya, ini merupakan kali pertama kontes ikan hias digelar Sudin KPKP dan Pemkot Jakarta Pusat. Sudin KPKP pun tidak bergerak sendiri dalam proses penyelanggarannya, dengan menggandeng komunitas Klub Pembudidaya dan Pedagang Mas Koki Jakarta atau KP2MJ untuk turut berpartisipasi.

Pada kompetisinya nanti, peserta di kontes ikan koki bisa memiliki kategori apa yang akan mereka ikut. Dengan kategorinya dibagi menjadi enam jenis yakni, oranda, rancu, rayukin, open, breeder, dan champion. Kemudian di setiap kategori ini ada tiga kelas yang disesuaikan dengan ukurannya, yaitu kelas baby, junior dan senior.

[Baca Juga: Mengintip Pasar Ikan Hias Radio Dalam]

“Peserta dari peternak ikan hias, komunitas, dan individu. Kontes ini diharapkan dapat disaksikan masyarakat karena ada bazar juga. Setelah mengikuti kontes, harga ikan tersebut akan lebih bernilai,” tutur Sunarto.

Pihak Sudin KPKP menargetkan sekitar 100 peserta yang akan ikut dalam kompetisi ikan mas koki ini dengan pemenangnya diperkirakan berjumlah 43 peserta dari setiap kelas. “Nanti masing-masing kategori memperoleh juara satu, dua, dan tiga,” ucapnya. Ia menambahkan, penilaian utama dalam kontes ini adalah bentuk tubuhnya, kepala, sirip, warna yang bagus, kesehatan, hingga gaya renangnya saat berada di air.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.