Pemkot Jakarta Pusat Akan Jamu Warga di Lebaran Betawi

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Akan Jamu Warga di Lebaran Betawi

Untuk melestarikan budaya Betawi sebagai budaya asli DKI Jakarta, Pemerintah Provinsis (Pemprov) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan perhelatan budaya Lebaran Betawi. Sebuah acara tahunan yang dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antarwarga Jakarta usai Hari Raya Idulfitri. Lebaran Betawi pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Masing-masing kota administrasi Jakarta ikut meramaikan perayaan ini. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat mengaku siap menjamu warga yang akan datang pada perayaan Lebaran Betawi di Monumen Nasional (Monas). Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan menyelenggarakan Lebaran Betawi pada 19-21 Juli 2019.

[Baca Juga: 5 Camilan Lebaran Tradisional Khas Betawi]

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dan menginstruksikan masing-masing camat, lurah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya untuk mendukung pesta kebudayaan ini, termasuk menyiapkan makanan untuk menjamu warga yang datang.

“Kita akan siapkan konsumsi untuk warga yang datang, kita akan jamu semua masyarakat yang hadir. Ini gratis, karena di acara ini tidak boleh ada transaksi jual beli,” kata Irwandi, usai menggelar rapat persiapan Lebaran Betawi, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Mengutip dari pusat.jakarta.go.id (10/7/2019) Irwandi melanjutkan, masing-masing kecamatan akan membangun rumah Betawi yang digunakan untuk menyambut kedatangan wali kota dan warga. Makanan khas Betawi juga sudah disiapkan termasuk menu hantaran untuk dibawa ke rumah Betawi Wali Kota. “Sudah kita siapkan semuanya, tinggal teknis acaranya mulai dari tanggal 19 sampai 21 nanti. Untuk puncak perayaan Lebaran Betawi dilanksanakan pada tanggal 21 Juli,” Ujar Irwandi.

[Baca Juga: Warga Antusias Sambut Gelaran Lebaran Depok]

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara menyebutkan, ia telah meminta camat wilayahnya untuk berkreasi menampilkan bakat atau pertunjukan yang berbeda dan menarik pada ajang Lebaran Betawi.

Menurut Bayu, perhelatan ini mirip dengan Jakarnaval di mana masing-masing daerah menampilkan karnaval dengan tema budaya Betawi. Bayu mengatakan, banyak ide yang bisa digali dan dikembangkan para camat dan warga dalam ajang unjuk bakat di Lebaran Betawi nanti. Antara lain dia menyarakan para warganya untuk menampilkan marawis.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.