Pemkot Jakpus Lakukan Pengamanan Makanan dari Bahan Berbahaya

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Amankan Jajanan Takjil dari Bahan Berbahaya

Inspeksi mendadak (Sidak) telah dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat yang bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi DKI Jakarta di pasar Benhil yang menjadi salah satu favorit warga berburu takjil. Sidak ini dilakukan untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dari makanan yang mengandung bahan berbahaya selama mejalankan ibadah Puasa. Selain itu, sidak juga dilakukan pada 8 Mei 2019 dalam upaya pembinaan kepada para pedagang takjil di Pasar Benhil.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi yang ikut dalam sidak di Pasar Benhil mengatakan, inspeksi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah kota. Dan selain Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, sidak pedagang takjil di Pasar Benhil juga diikuti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Bayu Sari Hastuti, serta Camat Tanah Abang Muhammad Yassin.

[Baca Juga: Catat Lokasi dan Tanggal Pasar Murah di Bulan Ramadan]

Saat di lokasi, petugas BPOM menemukan bahan berbahaya dalam kandungan makanan yang dijajakan pedagang takjil. Penemuan tersebut dijelaskan Irwandi yang mengatakan, dari 52 sampel yang sudah diperiksa ditemukan dua sampel yang positif mengandung bahan berbahaya. Kedua sampel tersebut yaitu dari dua kerupuk merah yang mengandung pewarna rhodamin yang ada di asinan.

Hasil temuan dari sidak di Pasar Benhil juga dijelaskan Kepala Bidang Pemeriksaan BBPOM Provinsi DKI Jakarta Asri Rini. Dia mengatakan, dua kerupuk merah yang ditemukan mengandung pewarna berbahaya berasal dari dua pedagang yang berbeda. Selain itu, dia juga menemukan satu bahan makanan lagi yang mengandung bahan berbahaya, yaitu pada jenis makanan pacar Cina.  

[Baca Juga: Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang]

Setelah petugas BBPOM menyatakan adanya bahan makanan yang positif mengandung bahan berbahaya, selanjutnya pihak BBPOM dan KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penyitaan, memberi peringatan dan teguran kepada penjual.

Selain tiga temuan tersebut, Irwandi bersyukur karena yang lainnya steril dan bagus. “Alhamdulilah yang lainnya steril, semua bagus," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.