Pemkot Jakpus Lakukan Pengamanan Makanan dari Bahan Berbahaya

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Amankan Jajanan Takjil dari Bahan Berbahaya

Inspeksi mendadak (Sidak) telah dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat yang bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi DKI Jakarta di pasar Benhil yang menjadi salah satu favorit warga berburu takjil. Sidak ini dilakukan untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dari makanan yang mengandung bahan berbahaya selama mejalankan ibadah Puasa. Selain itu, sidak juga dilakukan pada 8 Mei 2019 dalam upaya pembinaan kepada para pedagang takjil di Pasar Benhil.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi yang ikut dalam sidak di Pasar Benhil mengatakan, inspeksi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah kota. Dan selain Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, sidak pedagang takjil di Pasar Benhil juga diikuti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (Kasudin KPKP) Bayu Sari Hastuti, serta Camat Tanah Abang Muhammad Yassin.

[Baca Juga: Catat Lokasi dan Tanggal Pasar Murah di Bulan Ramadan]

Saat di lokasi, petugas BPOM menemukan bahan berbahaya dalam kandungan makanan yang dijajakan pedagang takjil. Penemuan tersebut dijelaskan Irwandi yang mengatakan, dari 52 sampel yang sudah diperiksa ditemukan dua sampel yang positif mengandung bahan berbahaya. Kedua sampel tersebut yaitu dari dua kerupuk merah yang mengandung pewarna rhodamin yang ada di asinan.

Hasil temuan dari sidak di Pasar Benhil juga dijelaskan Kepala Bidang Pemeriksaan BBPOM Provinsi DKI Jakarta Asri Rini. Dia mengatakan, dua kerupuk merah yang ditemukan mengandung pewarna berbahaya berasal dari dua pedagang yang berbeda. Selain itu, dia juga menemukan satu bahan makanan lagi yang mengandung bahan berbahaya, yaitu pada jenis makanan pacar Cina.  

[Baca Juga: Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang]

Setelah petugas BBPOM menyatakan adanya bahan makanan yang positif mengandung bahan berbahaya, selanjutnya pihak BBPOM dan KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penyitaan, memberi peringatan dan teguran kepada penjual.

Selain tiga temuan tersebut, Irwandi bersyukur karena yang lainnya steril dan bagus. “Alhamdulilah yang lainnya steril, semua bagus," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.