Pemkot Jakarta Pusat Dorong Promosi Pasar Buku Kenari

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Dorong Promosi Pasar Buku Kenari

Pasar Kenari pada Agustus 2019 sempat menjadi viral karena keberadaan pasar buku yang berada di lantai 3 pasar tersebut. Dalam satu lantai tersebut, berjejer kios-kos buku serta toko Jakbook yang dikelola oleh pihak PD Pasar Jaya. Sayangnya, setelah hype mengenai Pasar Buku Kenari itu mereda, akhir-akhir ini, toko-toko di sana terlihat tampak tidak terlalu ramai dikunjungi. Melihat situasi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat pun tidak tinggal diam.

Sekadar informasi, Pasar Kenari yang sudah beroperasi sejak tahun 1970-an itu sebenarnya memang terkenal sebagai tempat untuk mencari berbagai perlengkapan instalasi listrik. Kemudian ketika sudah berkembang, lantai tiganya pun dimanfaatkan menjadi Pasar Buku Kenari dengan kios-kios yang diisi oleh para pedagang buku yang dulu sempat berjualan di area Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Pemkot Jakarta Pusat Dorong Promosi Pasar Buku Kenari

Pemkot Jakarta Pusat berencana untuk mengadakan event yang dipandang dapat menjadi langkah promosi untuk Pasar Buku Kenari. Ide mengenai acara promosi ini dicetuskan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara setelah ia menggelar Rapat Pimpinan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada 8 Oktober 2019.

Acara yang dipertimbangkan oleh Pemkot Jakarta Pusat masih sekitar tema pendidikan mengingat ini sesuai dengan apa yang ditawarkan Pasar Buku Kenari. Sehingga Bayu menyebut, pada acara ini akan terdapat berbagai perlombaan seperti cerdas cermat dan tryout untuk para pelajar Ibu Kota.

[Baca Juga: Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari]

Menurut Bayu, acara seperti bertema pendidikan yang nanti digelar Pemkot Jakarta Pusat dapat membuat pesertanya mengetahui mengenai Pasar Buku Kenari. Apalagi buku yang ditawarkan di sini pun cenderung lebih terjangkau dibandingkan toko buku konvensional.

“Saya berpikir, bagaimana orang membaca buku jika dia tidak pergi ke toko buku (untuk) melihat buku. Terkadang orang hanya dengan melihat judul buku, tertarik untuk membacanya. Kita ingin membangkitkan kegemaran membaca dengan mengajak mereka mengunjungi Toko Buku Kenari,” ujar Bayu, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (8/10/2019).

[Baca Juga: Pasar Buku Murah Terkenal di Jakarta]

Bayu juga menjelaskan, Pasar Buku Kenari sebenarnya juga dapat menjadi lokasi untuk digelarnya berbagai kegiatan masyarakat Jakarta Pusat. Mengingat di sini memang tersedia ruangan untuk pertemuan serta lokasi bermain anak-anak. “Jadi kalau LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan) mau buat acara bisa di sana, sudah tersedia di tempatnya,” pungkas Wali Kota Jakarta Pusat itu.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.