Pemkot Jakpus Mendukung Program Pengutamaan Bahasa Indonesia Di Ruang Publik

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Dukung Pengutamaan Bahasa Indonesia

Bahasa adalah identitas suatu bangsa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan bangsa lain. Dimana setiap bangsa memiliki bahasa yang berbeda-beda dengan ciri khas dan asal-usul masing-masing. Begitu juga dengan bahasa Indonesia. Sejarah bahasa Indonesia sendiri tidak lepas dari bahasa Melayu.

Bahasa Indonesia sangat dinamis, sehingga menghasilkan kosakata baru dari penciptaan dan penyerapan bahasa daerah maupun asing. Salah satu bahasa yang datang dari luar adalah bahasa Inggris. Dimana bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan sebagai komunikasi antar bangsa. Sehingga tidak heran, banyak orang yang belajar untuk menguasai bahasa Inggris. Hal ini, bertujuan agar mereka tidak buta akan informasi yang ada di dunia. Meskipun mempelajari bahasa Inggris penting, akan lebih baik jika Anda sebagai warga Negara Indonesia tetap menjaga, melestarikan dan membudayakan bahasa Indonesia.

[Baca Juga: Pejuang Bahasa Indonesia M Tabrani Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional]

Mengacu akan hal tersebut, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) mendukung program penguatamaan bahasa negara di ruang publik. Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi saat sosialisasi pengutamaan bahasa negara di ruang publik, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Dilansir pusat.jakarta.go.id (16/09), menurutnya, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara menjadi identitas bangsa yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Pengunaan bahasa Indonesia juga dapat menguatkan daya saing bangsa, maka sudah seharusnya lembaga pemerintah dan lembaga pendidikan mendukung program pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik. “Pemkot Jakpus sangat mendukung program ini dan siap membantu melakukan pemantauan penggunaan bahasa tersebut,” ungkapnya.

Irwandi memaparkan, penggunaan bahasa asing di Jakarta masih terlihat dikalangan generasi milenial. Di mana dalam percakapan sehari-hari mereka mengunakan bahasa Inggris. Menurutnya, ada khawatiran jika mengunakan bahasa Indonesaia tidak milenial lagi. “Harusnya kita bisa mencontoh Jepang yang bangga mengunakan bahasa negaranya. Anak-anak milenial di sana tetap terlihat milenial meski mengunakan bahasa negara asalnya,” tandasnya.

[Baca Juga: Peluncuran Novel Don Quijote Edisi Bahasa Indonesia]

Di tempat yang sama, Kepala Pengendalian dan Pengharagaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Sutejo menerangkan sosialisasi ini dalam rangka mendorong masyarakat bersikap positif, setia, dan sadar pada bahasa Indonesia. Di mana dalam pengunaanya harus taat pada kaidah dan norma bahasa yang ada. “Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan kecintaan dan sikap positif masyarakat akan bahasa Indonesia. Karena masih banyak pengunaan bahasa asing di pusat perbelanjaan,” tandasnya.

Generasi milenial adalah generasi penerus bangsa. Ajarkan dan terapkan bangga menggunakan bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan, khususnya saat berbicara di Indonesia. Tidak melarang menggunakan bahasa asing, tetapi lebih menerapkan bahasa Indonesia saat berada di bumi pertiwi.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.