Pemkot Jakpus Gandeng Universitas Menjadi Guru PAUD

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Gandeng Universitas Menjadi Guru PAUD

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu tumbuh kembang dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan yaitu agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini.

[Baca Juga: 50 Guru PAUD dan TK Ikuti Bimtek Mendongeng]

Adapun tujuannya, untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa. Untuk mengahsilkan anak bangsa yang berkualitas, dibutuhkan pembimbing yang baik pula.

Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id (09/09), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) melakukan penandatanganan nota kesepakatan bidang pendidikan antara TP PKK Administrasi Jakarta Pusat dan Universitas AL-Azhar Indonesia (UAI) di Kantor Camat Tanah Abang. Kerja tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Jakarta Pusat Chintya Ayuningrum, Kasudin Pendidikan I Jakpus, dan Kasudin PPAPP. "Kerja sama ini digagas TP PKK Jakpus dengan Universitas AL-Azhar khususnya program studi bidang PAUD juga didukung CSR dari Kartika Putri Foundation," kata Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat, M. Fahmi.

Kerja sama ini, lanjutnya, juga dalam rangka meningkatkan kualitas guru PAUD. Sebab, menjadi guru PAUD itu tidaklah mudah ada tiga aspek yang harus dikuasai "Pertama dia cinta, mengetahui perkembangan anak, dan keilmuan terkait prinsip pendidikan PAUD. Sementara guru PAUD di pos-pos RW sukarelawan belum mengetahui perkembangan anak," ungkapnya.

Pengabdian Masyarakat

Menurutnya, perguruan tinggi diikat Tri Darma salah satunya ialah pengabdian masyarakat. Jadi anak mahasiswa yang menyelesaikan studinya melalui Praktek Kerja Lapangan di wilayah Jakpus. "Program Studi PAUD akan berjalan di satu Kecamatan. Namun harapan kita kerja sama ini bisa di delapan kecamatan kemungkinan bisa di Johar Baru, Tanah Abang, atau Kemayoran tergantung jumalah PAUD di masing-masing kecamatan," jelasnya.

Fahmi menilai bahwa generasi emas sangat ditentukan oleh guru PAUD. Karena yang menang di masa depan ialah mereka yang berada di pendidikan usia dini. "Pendidikan usia dini dapat membentuk karakter, penanaman ilmu, budi pekerti dan lain sebagainya," tandas Fahmi.

[Baca Juga: Ini PAUD Versi Sekolah JIS di Pondok Indah Jakarta]

Mengetahui, pendidikan adalah hal penting bagi perkembangan anak bangsa. Anak bangsa akan tumbuh dengan pengetahuan yang luas dimana suatu saat bisa berguna bagi bangsanya. Wajib belajar untuk menghasilkan putera-puteri bangsa yang inovatif, kreatif dan maju. Dimana memupuk pendidikan dari sejak kecil.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.