Pemkot Jakarta Pusat Genjot Penataan Kolong Jembatan Pegangsaan.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Genjot Penataan Kolong Jembatan Pegangsaan

Salah satu gebrakan yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini tak lama usai dirinya dilantik adalah menggelar blusukan di wilayah DKI Jakarta. Di mana lokasi yang menjadi sorotan utama dan sempat viral pada akhir tahun 2020 kemarin adalah kolong flyover atau jembatan Pegangsaan yang ternyata “dihiasi” bedeng serta terlihat kumuh dan dipenuhi warga yang hidup dalam keadaan tak layak. Tak lama setelah pemandangan ini jadi viral, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat pun bergerak untuk melakukan penataan dan saat ini sudah mulai dibenahi agar bisa mirip dengan Terowongan Kendal.

Penataan kolong Jembatan Pegangsaan sudah mulai dilakukan sejak awal Januai 2021 dengan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi yang kerap melakukan peninjauan ke lokasi. Di mana tujuan utama dari penataan ini ingin mengubah pemandangan dari area ini agar bisa dijadikan akses jalan masyarakat sembari warga dapat menikmati “wajah barunya”. Pasalnya, ia ingin kolong Jembatan Kendal ini nanti dapat jadi tempat rekreasi sekaligus interaksi warga dan tak kumuh oleh tunawisma.

Pemkot Jakarta Pusat Genjot Penataan Kolong Jembatan Pegangsaan .jpg

“Tadinya ada lapak-lapak kumuh di sini, banyak PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) tapi kita lakukan penertiban. Sekarang akan ditata jadi kolong penyeberangan orang. Daripada menyeberang di jalan raya di atas jembatan ini, warga lebih aman memanfaatkan kolong jembatan ini,” ungkap Irwandi, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (24/1/2021).

Dalam proses penataan ini, Pemkot Jakarta Pusat membangun jalan setapak untuk akses jalan warga, pencahayaan di delapan titik, dan area taman mini yang dipenuhi oleh tanaman. Di mana tanaman-tanaman ini sudah mulai terlihat menghiasi kolong jembatan Pegangsaan sejak 22 Januari 2021. Pihak Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Jakarta Pusat menanam hanjuang kribo, phylodendron kuning, dan sirih gading yang jumlah total semua tanaman ini mencapai angka puluhan ribu. Bahkan saat ini sudah ada kolam gizi untuk ikan-ikan di sini.

[Baca Juga: Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan]

Dalam proses penggenjotan penataan kolong Jembatan Pegangsaan ini, Pemkot Jakarta Pusat juga ingin adanya lukisan mural guna mempercantik area tersebut layaknya yang bisa Anda nikmati seperti saat melewati Terowongan Kendal di kawasan Dukuh Atas. Hal ini direalisasikan pada akhir pekan kemarin dengan Pemkot Jakarta Pusat menggandeng Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan PT Taspen untuk membuat mural yang disebut ingin menghadirkan keceriaan di kolong Jembatan Pegangsaan.

Pada hari Minggu kemarin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut mengunjungi lokasi ini. Ia pun merasa antusias akan perubahan dari kolong Jembatan Pegangsaan pasca terus digenjot penataannya oleh Pemkot Jakarta Pusat. “Mudah-mudahan ini segera tuntas,” tambah Anies pada peninjauan itu.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.