Pemkot Jakpus Menyalurkan Kartu Penyandang Disabilitas

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Menyalurkan Kartu Penyandang Disabilitas

Pada 6 September 2019, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyalurkan serta menyerahkan 225 Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pandawa, Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Dilansir dari pusat.jakarta.go.id (06/09), Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengungkapkan hari ini ada 143 KPDJ yang dibagikan di RPTRA Pandawa. Irwandi mengatakan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasid Baswedan menyoroti dengan memberikan perhatian terhadap kaum disabilitas.

Penyandang Disabilitas di Mampang Prapatan Menerima Bantuan Keuangan KPDJ

Pemberian kartu ini dilakukan secara serempak di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat. Diharapkan dengan adanya pemberian bantuan terhadap kaum disabiltas dapat membantu taraf kehidupan. "Ini satu bentuk perhatian pemerintah terhadap warganya," kata Irwandi.

Seperti saat ini kaum disabiltas mendapat kartu ATM Bank DKI di mana di dalam ATM terdapat dana yang mereka dapat belanjakan untuk kebutuhan pokok. Masing-masing penerima KPDJ mendapat bantuan Rp300.000 per bulan. “Saat ini masing-masing penerima KPDJ menerima Rp1,8 juta dari bulan Januari-Juni, Juli-September dibayarkan akhir September nanti sebanyak Rp900.000, selebihnya rutin setiap bulan Rp300.000,” ungkapnya.

[Baca Juga: Anies Baswedan Bagikan KPDJ Ke 7.137 Penyandang Disabilitas]

Irwandi menjelaskan tujuan dari pemberian KPDJ ini dalam rangka menjalankan program Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas. Dengan adanya KPDJ ini, diharapkan dapat membantu kebutuhan hidup para penyandang disabilitas. “Ini bentuk perhatian pemerintah pada penyandang disabilitas. Ini bukan hanya slogan tapi bukti nyata pemerintah pada penyandang disabilitas. Kita buatkan trotoar yang ramah disabilitas, kantor pemerintah yang ramah disabilitas, saat ini kita berikan KPDJ, jadi kita perhatikan semua unsur,” terangnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Seksi Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Sudinsos Jakarta Pusat, Hendri mengatakan jumlah kaum disabilitas yang ada di Jakarta Pusat mencapai 1.049. Wilayah Johar Baru termasuk kecamatan yang paling banyak terdapat kaum disabiltasnya. "Pesan Gubernur jadikan penyandang Disabilitas sebagai costumer platinum," ucapnya.

[Baca Juga: Penyandang Disabilitas Menerima Bantuan Keuangan KPDJ]

Dengan KPDJ ini, nantinya para penerima KPDJ dapat membeli pangan murah seperti para pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dan di tempat yang sama pula, Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat Jakpus, M Fahmi mengatakan bahwa KPDJ yang disalurkan kepada penyandang disabilitas total di wilayah Jakpus keseluruhan sebanyak 1.042. “KPDJ ini sejumlah 1.042 disalurkan serentak di delapan kecamatan se-Jakpus pada pagi hari ini,” tutupnya.

Program ini tentu sangat membantu bagi penyandang disabilitas, mengingat keterbatasan mereka yang berpotensi menghambat mereka dalam mencari nafkah. Tak hanya pemerintah, Anda juga dapat mengulurkan tangan Anda untuk membantu kaum disabilitas. Dengan berbagi, tentu uluran tangan Anda mengurangi beban mereka.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.