Idul Adha Nanti, Pemkot Jakpus Akan Pakai Bongsang Sebagai Wadah Daging Kurban

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Pakai Bongsang untuk Daging Kurban pada Iduladha

Menjelang Iduladha 1440 H, berbagai penjual hewan kurban sudah mulai memenuhi berbagai sudut Ibu Kota. Jika biasanya sebuah lapangan yang biasa dilewati hanya lapangan kosong, berbeda jika sudah memasuki satu bulan sebelum Hari Raya Iduladha. Karena biasanya, pedagang daging kurban akan memanfaatkan lahan kosong untuk berjualan hewan kurbannya.

Biasanya, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kota atau Daerah ikut melakukan pemotongan hewan kurban. Tak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus). Namun, akan ada yang berbeda dari tahun sebelumnya dari Pemkot Jakpus saat memberikan daging kurban kepada masyarakat di Hari Raya Iduladha nanti. Karena, Pemkot Jakpus memiliki sebuah inovasi untuk mengurangi penggunaan plastik ketika Iduladha tiba. Inovasi tersebut diwujudkan dengan penggunaan bongsang atau keranjang kecil yang terbuat dari bambu sebagai pengganti kantong plastik yang biasanya digunakan untuk wadah daging kurban.

Idul Adha Nanti, Pemkot Jakpus Akan Pakai Bongsang Sebagai Wadah Daging Kurban

Saat Idhuladha nanti, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara memastikan pihaknya akan membagikan daging kurban di Lingkungan Pemkot Jakpus dari para Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) dengan menggunakan bongsang sekaligus ditambahkan daun pisang sebagai alasnya. Hal tersebut diungkapkannya saat memimpin Rapat Pimpinan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada 30 Juli 2019. “Jadi nantinya kita gunakan bongsang ya dari bambu dan mungkin kita tambah dengan daun pisang sebagai tatakannya,” ujarnya.

[Baca Juga: Jelang Iduladha 1440, Panitia Kurban Jakbar Diimbau Gunakan Daun]

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan 500 bongsang beserta daun pisang untuk pembagian kurban di Hari Raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Selain sebagai inovasi, Bayu menerangkan penggunaan bongsang ini sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meninggalkan penggunaan plastik sebagaimana dilansir beritajakarta.id (30/7/2019).

Menurutnya, selain ramah lingkungan, penggunaan bongsang sebagai wadah daging kurban justru lebih praktis. "Penggunaan bongsang ini tinggal dijinjing saja atasnya dengan dilapisi daun pisang dan lebih ramah lingkungan. Karena sampah plastik tidak bisa hancur bahkan dalam waktu puluhan tahun," tuturnya.

[Baca Juga: Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban]

Dia pun tak hanya ingin penggunaan bongsang hanya dilakukan di lingkungan Pemkot Jakpus saja. Untuk itu, pihaknya juga memerintahkan camat dan lurah agar mengimbau para panitia masjid untuk menggunakan bongsang dalam pembagian kurban pada masyarakat.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk turut meninggalkan penggunaan plastik, seperti di Lebaran Iduladha mendatang. Dia menyarankan, masyarakat juga menggunakan bongsang sebagai wadah daging kurban jika melakukan pemotongan hewan kurban saat Iduladha nanti.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.