Pemkot Jakarta Pusat Sediakan Jalur dan Area Parkir Sepeda

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Sediakan Jalur dan Area Parkir Sepeda

Kualitas udara di Jakarta belakangan ini dapat rapor merah karena selalu mencapai tingkat terburuk di antara kota-kota yang ada di dunia. Maka dari itu, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengimbau masyarakat dan perangkat daerah untuk beralih menggunakan sepeda, imbauan ini diberikan khususnya kepada lurah dan camat se-Jakarta Pusat agar memonitor wilayahnya masing-masing menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

“Pakai seragam sambil menggunakan sepeda sepertinya taka da masalah, kita tetap bersentuhan dengan warga. Mulailah dari kita dulu nanti ke depannya masyarakat bisa mengikuti,” kata Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara.

Pemkot Jakarta Pusat Sediakan Jalur dan Area Parkir Sepeda

Sebagai mana dilansir dari pusat.jakarta.go.id (11/9/2019) langkah ini merupakan upaya Pemkot Jakarta Pusat untuk memperbaiki kualitas udara masyarakat. Selain itu, langkah ini juga termasuk ajakan masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat.

[Baca Juga: Transportasi Publik, Solusi Jakarta Atasi Polusi Udara]

Untuk memberikan fasilitas untuk masyarakat yang ingin menggunakan sepeda, Pemkot menambahkan jalur khusus dan area parkir untuk sepeda di Terminal Senen. Kepala Satuan Pelayanan Terminal Bus Senen Joni Budhi mengatakan, jalur khusus dan area parkir untuk sepeda sudah dibuat sejak seminggu yang lalu. Rencananya, jalur ini akan dilengkapi dengan tempat coffee break, ruang tunggu, toilet, dan fasilitas Wi-Fi. "Pembuatan jalur dan area parkir sepeda merupakan salah satu upaya kami dalam mendukung pengendalian kualitas udara di Jakarta. Sekaligus menerapkan gaya hidup ramah lingkungan," kata Joni

Joni melanjutkan, jalur sepeda ini dibuat dengan panjang 200 meter mulai dari pintu masuk terminal sampai pintu keluar. Sementara itu, lokasi parkir sepeda berada di depan lobi kantor pengelola terminal dan dijaga oleh petugas keamanan. "Kita ada dua tim yang bertugas, ditambah petugas keamanan dan petugas kebersihan kurang lebih 30 personil. Ada dua shift, pukul 07.00-14.00 WIB dan pukul 14.00-20.00 WIB," terang Joni.

[Baca Juga: 3 Cara yang Perlu Ditempuh Jakarta untuk Turunkan Polusi Udara]

Joni juga mengungkapkan pihaknya akan memasang spanduk berisi informasi mengenai areal parkir sepeda yang terbilang baru ini. Harapannya dengan adanya fasilitas ini, kemacetan di dekat Terminal Senen dapat berkurang. Ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas terbaru ini. "Saya berharap masyarakat sekitar Senen khususnya dapat memanfaatkan ini. Kalau ada yang bersepeda kita siap menampung sebanyak apapun, kita akan tampung. Gratis,” ujar Joni.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  11 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.