Pemkot Jakarta Pusat Tahun Ini Wadah Daging Kurban Tetap Ramah Lingkungan .jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat: Tahun Ini Wadah Daging Kurban Tetap Ramah Lingkungan

Hanya sekira satu bulan lagi, umat Muslim di wilayah Ibu Kota akan menyambut perayaan Idul Adha 1441 H dan dalam rangka mempersiapkan momentum ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat telah melakukan sosialisasi terkait persiapan ritual pengurbanan. Dengan semua pengurus masjid di wilayah Jakarta Pusat tetap diharuskan menggunakan wadah selain plastik untuk membungkus daging kurban yang nantinya dibagikan ke warga. Hal ini serupa dengan apa yang sudah dilakukan pada Idul Adha tahun lalu.

Sosialisasi ke pengurus masjid terkait penggunaan wadah ramah lingkungan untuk daging kurban itu dilakukan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan atau Sudin KPKP Jakarta Pusat. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kasudin KPKP Jakarta Pusat Suharini Ellyawati, sejak 2019, wilayahnya sudah diimbau untuk tak menggunakan kantung plastik atau kresek untuk daging korban.

Mengingat ini bukan kali pertamanya kebijakan wadah daging kurban ini diterapkan di wilayahnya, Sudin KPKP Jakarta Pusat memandang seharusnya untuk tahun ini realisasi di lapangan terkait wadah ini seharusnya sudah lebih baik. Apalagi pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam memastikan jenis wadah ramah lingkungannya.

Pemkot Jakarta Pusat Tahun Ini Wadah Daging Kurban Tetap Ramah Lingkungan.jpg

“Kalau tahun lalu kita dadakan cari wadahnya, seharusnya tahun ini jauh lebih baik. Karena kita sudah sosialisasi jauh-jauh hari pada pengurus masjid untuk menggunakan wadah ramah lingkungan,” ucap Suharini, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (29/6/2020).

Selain mengenai sosialisasi wadah ramah lingkungan untuk daging kurban, Sudin KPKP Jakarta Pusat disebut sudah memberikan sarannya agar proses Idul Adha 1441 H dari potensi paparan COVID-19. Di mana mereka mendorong agar warga agar melakukan proses jual-beli hewan kurban secara online sehingga sangat menimalisir terjadinya kontak fisik, apalagi kerumuman kerap terjadi di lokasi penjualan hewan kurban. Sehingga penjualan daring dipandang lebih aman.

Namun penjualan secara konvensional juga tetap akan dilakukan dengan Sudin KPKP yang nantinya akan menentukan lokasi tempat penjualan hewan kurban. “Kami masih melakukan pendataan lokasi penampungan hewan kurban tahun 2019. Kita cocokkan dengan sekarang, apakah penampungan ini masuk zona merah atau tidak. Penampungan di zona merah akan menjadi perhatian kami,” tambah Suharini, sebagaimana dikutip dari mediaindonesia.com (26/6/2020).

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna 6 months, 4 weeks lalu
    hanna

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>

  • Anisa 6 months, 4 weeks lalu
    anisa

    Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh dan bosan sekali karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? ini solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search atau cari QQHARIAN guys. Cukup #stayathome dan mainkan berbagai game online di dalamnya serta bisa menghilangkan rasa jenuh/bosan kalian saat ini.!

  • Suki 7 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys...