Pemkot Jakarta Selatan Ajak Kelurahan Ikut World Clean Up Day

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Ajak Kelurahan Ikut World Clean Up Day

Beberapa hari lagi, warga internasional akan menyambut kegiatan World Clean Up Day 2019. Di mana para sukarelawan di seluruh dunia secara serentak akan terlibat dalam kegiatan membersihkan sampah di jalanan, hutan, sungai, hingga pantai. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan juga turut mendukung kegiatan bersih-bersih ini. Hal ini dilakukan dengan mengajak seluruh jajaran Pemkot Jakarta Selatan hingga kecamatan dan kelurahan di wilayahnya untuk ikut terlibat dalam kegiatan World Clean Up Day 2019.

Pemkot Jakarta Selatan Ajak Kelurahan Ikut World Clean Up Day

Ajakan untuk ikut kegiatan yang digelar pada 21 September 2019 itu langsung disampaikan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali. Menurutnya, kegiatan World Clean Up Day sejalan dengan program kebersihan yang selama ini memang sudah lama diterapkan di lingkungan Jakarta Selatan.

“Kegiatan bersih-bersih lingkungan merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan di lingkungan Jakarta Selatan, melalui Bersih-Bersih Jakarta Selatan (BBJS). Semua kelurahan melakukan, karena kita sudah punya format BBJS,” ujar Marullah saat bertemu dengan jajarannya di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya No.9, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (19/9/2019).

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Ia menyebut, pada awalnya Pemkot Jakarta Selatan berniat mengadakan kegiatan partisipasi World Clean Up Day 2019 di satu kecamatan saja. Kemudian setelah dipertimbangkan lagi, Marullah memandang alangkah lebih baik jika kegiatan sukarela ini lebih diperluas lagi cakupannya. Oleh karena itulah, Pemkot Jakarta Selatan meminta semua lurah di wilayahnya untuk ikut kegiatan bersih-bersih ini secara serentak pada hari Sabtu.

Wali Kota Jakarta Selatan itu berharap keterlibatan wilayahnya dalam kegiatan World Clean Up Day 2019 dapat didukung dengan baik oleh semua pihak. “Dalam kegiatan ini akan banyak melibatkan masyarakat, karena selama ini dalam kegiatan BBJS, masyarakat banyak yang terlibat. Ini menunjukan masyarakat sudah makin peduli dengan kebersihan,” imbuh Marullah.

[Baca Juga: Kerja Bakti, Salah Satu Cara Antisipasi Banjir]

Sekadar informasi, World Clean Up Day pada dasarnya mendorong masyarakat dunia untuk saling bekerjasama untuk menempuh satu tujuan yaitu dunia yang bersih dari keberadaan sampah. Gerakan bersih-bersih ini sebenarnya bermula di Estonia pada tahun 2008. Kala itu, puluhan ribu orang bahu-membahu untuk membersihkan sampah di negara tersebut hanya dalam kurun waktu lima jam. Dari sinilah, gerakan World Clean Up Day dimulai dengan kesepakatan dalam satu hari, setiap sukarelawan di negara-negara akan melakukan aksi bersih-bersih.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.