Bersih-bersih Lokbin Pasar Minggu.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Bersih-Bersih di Pasar Minggu

Pemerintah Kota Adminitrasi Jakarta Selatan memiliki kegiatan untuk melakukan aksi bersih-bersih di kawasan lokasi binaan (lokbin). Kegiatan aksi bersih-bersih ini diagendakan satu bulan sekali di lokasi yang berbeda-beda.

Pada awal tahun ini, kegiatan aksi bersih-bersih dilakukan di lokbin pedagang Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sekitar 100 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan aksi bersih-bersih tersebut.

Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali menerangkan, personel gabungan tersebut berasal dari Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Kehutanaan, Sudin Bina Marga, PPSU, Satpol PP, Sudin Gulkrmat, TNI, dan Polri.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

“Personel dikerahkan untuk membersihkan sampah dan memperbaiki jalan yang rusak di Pasar Minggu,” kata Marullah seperti dikutip Berita Jakarta (20/1/2019).

Kegiatan aksi bersih-bersih ini dilaksanakan selama kurang lebih dua jam mulai pukul 07.30 WIB yang diawali dengan kegiatan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dalam rangka Kerja Bakti Bersih-Bersih Tingkat Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan di Wilayah Kelurahan Pasar Minggu.

Dalam kegiatan ini pula, masing-masing Muspika dibagi tugas sesuai sektor. Walikota Jakarta Selatan bersama Staf Walikota didampingi Tiga Pilar Kecamatan Pasar Minggu, yaitu Camat Pasar Minggu Agus Irwanto, Sekertaris Camat Kecamatan Pasar Minggu M. Isa AP, Danramil 03/Psm Mayor inf Zul Rambe, Kapolsek Pasar Minggu Kompol Prayitno, dan Lurah Pasar Minggu Sopwani Spi, mengelilingi Pasar Lokbin.

Lokbin Pasar Minggu

Sedangkan yang melaksanakan pembersihan, dibagi tugas sesuai sektor masing-masing, anggota PPSU melaksanakan pembersihan saluran di sekitar Lokbin, Dinas Kehutanan melaksanakan penanaman pohon dan anggota Damkar melaksanakan penyemprotan jalan-jalan yang kotor di sekitar pasar Lokbin.

Marullah mengatakan, kegiatan aksi bersih-bersih dilakukan setiap satu bulan sekali yang diikuti seluruh jajaran kecamatan di Jakarta Selatan. Di lokasi tersebut, sampah yang dibersihkan didominasi plastik dan sisa dagangan pasar.

“Ada enam truk yang mengangkut sampah di area Pasar Minggu. Seluruhnya kita bersihkan, sampah diangkut, saluran dibersihkan, dan jalan juga disiram oleh petugas pemadam kebakaran (damkar),” kata Marullah.

[Baca Juga: 8 Taman Kota di Kawasan Pasar Minggu]

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap bisa memberikan suasana lokbin yang berbeda sehingga lingkungan bersih dan terhindar dari penyakit, khususnya penyakit demam berdarah. Mengingat kota Jakarta Selatan sudah banyak yang terkena penyakit demam berdarah.

Usai melakukan aksi bersih-bersih, jajaran Pemerintah Kota Jakarta Selatan juga menyempatkan berkunjung ke lokbin dan berdialog dengan pedagang.

“Untuk lokbin ini sudah bersih, harga yang dijual juga murah. Jadi masyarakat tidak perlu ragu untuk ke sini," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.