Pemkot Jakarta Selatan Fungsikan Graha Wisata Ragunan Jadi Lokasi  Isolasi Mandiri COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Jakarta Selatan Fungsikan Graha Wisata Ragunan Jadi Lokasi Isolasi Mandiri COVID-19

Salah satu efek libur panjang beberapa waktu lalu yang dikhawatikan pemerintah pusat dan daerah mulai terlihat dampaknya, yaitu potensi kasus positif COVID-19 yang melonjak naik. DKI Jakarta juga turut merasakan efek ini dengan kabar bahwa keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di Ibu Kota sudah malampaui angka 50 persen lebih. Dengan potensi kasus ini akan terus meningkat, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan pun memutuskan untuk mengalihfungsikan Graha Wisata Ragunan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien COVID-19 di wilayahnya.

Persiapan penggunaan gedung Graha Wisata Ragunan ini terlihat pada 9 Juni 2021 dengan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji yang turun langsung dan melihat bangunan tersebut. Kegiatan ini disebut dilakukan guna memastikan sarana serta prasarana di gedung tersebut telah lengkap untuk digunakan menjadi tempat isolasi mandiri.

Pemkot Jakarta Selatan Fungsikan Graha Wisata Ragunan Jadi Lokasi Isolasi Mandiri COVID-19.jpg

“Sebenernya lokasi ini pada Oktober dan Februari sudah pernah juga menampung pasein COVID, khususnya OTG (Orang Tanpa Gejala) karena COVID. Karena kasus COVID DKI sempat melandai akhirnya tidak lagi dipergunakan, difokuskan ke wisma atlit,” ujar Isnawa, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (9/6/2021).

Dikembalikannya fungsi Graha Wisata Ragunan ini juga sebenarnya sudah sesuai arahan dari orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta. Karena Anies Baswedan telah mengeluarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 675 Tahun 2021 untuk pembukaan kembali gedung-gedung yang figunakan sebagai sarana isolasi mandiri para pasien COVID-19.

[Baca Juga: Wisma Makara UI, Fasilitas Lokasi Isolasi Mandiri dengan Layanan Pemeriksaan]

Plt Wali Kota Jakarta Selatan itu melanjutkan, persiapan ini terus ditangani oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah di wilayahnya dengan contohnya adalah logistik yang ditangani oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Kemudian dari sisi keamanan, petugas Satpol PP akan dikerahkan dan untuk tenaga kesehatan yang bertugas di lokasi isolasi mandiri ini telah dikoordinasikan oleh Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Isnawa menyebut, pasien COVID-19 yang ada di sini nantinya adalah mereka-mereka yang statusnya sebagai OTG. Di mana di Graha Wisata Ragunan mereka akan menjalani isolasi selama sekitar 10 hari dengan pengawasan dari tenaga kesehatan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan sekaligus mendapatkan asupan yang tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.