Pemkot Jakarta Selatan Gelar Kegiatan Untuk Tingkatkan Kesadaran HAM

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Gelar Kegiatan Peningkatan Kesadaran HAM

Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak-hak dasar manusia yang dimiliki seseorang sejak lahir ke dunia. Setiap warga negara, memiliki hak yang sama, perihal HAM sudah diatur oleh Undang Undang di Indonesia. Pada UU No.39 Tahun 1999 Pasal 1 menyatakan, HAM merupakan seperangkat hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, di mana hak tersebut merupaan anugerah yang wajib dilindungi dan hargai oleh setiap manusia.

HAM menacakup banyak hal di kehidupan manusia, mulai dari Hak Asasi Pribadi, Hak Asasi Politik, Hak Asasi Hukum, Hak Asasi Hukum, Hak Asasi Ekonomi, Hak Asasi Peradilan, dan Hak Asasi Sosial Budaya. Namun sayangnya, belum banyak orang yang menyadari mengenai hak apa saja yang ia miliki sebagai pribadi maupun warga negara.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Selatan Terus Dorong Penerapan Sister RW]

Maka dari itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggelar kegiatan Peningkatan kesadaran Hukum dan Hak Asasi Manusia bagi para lurah, camat dan unit terkait se-Jakarta Selatan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan pada 10 Juli 2019.

Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mahludin mengatakan, beberapa hal disampaikan dalam kegiatan pendidikan ini, khususnya masalah Hak Asasi Manusia yang merupakan hak dasar setiap manusia. "HAM merupakan hal yang perlu kita perhatikan. Jangan sampai kita tidak paham. Maka dari itu, perhatikan dengan seksama, agar kita bisa lebih baik lagi dalam melakukan tugas dan fungsi," ujar Mahludin.

[Baca Juga: Pelatihan Wirausaha Kembali Digelar Pemkot Jakarta Selatan]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (11/7/2019) Mahludin menambahkan, masyarakat menginginkan pelayanan terbaik, sehingga pengetahuan mengenai HAM sangat dibutuhkan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di kantor pemerintahan yang ada di Jakarta Selatan.

Kepala Suku Bagian Publikasi Hukum dan HAM Hawang Lusi Wiranda menambahkan, Indonesia adalah negara hukum. Dalam hidup di lingkungan masyarakat, tidak lepas dari aturan-aturan yang berlaku baik aturan tertulis maupun tidak tertulis. "Aturan-aturan tersebut haruslah ditaati, adanya aturan tersebut agar terciptanya kemakmuran  dan keadilan untuk masyarakat. Apabila aturan-aturan itu dilanggar konsekuensi akan mendapat sanksi yang tegas," ujar Lusi.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.