Pemkot Jakarta Selatan Gelar Kegiatan Untuk Tingkatkan Kesadaran HAM

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Gelar Kegiatan Peningkatan Kesadaran HAM

Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak-hak dasar manusia yang dimiliki seseorang sejak lahir ke dunia. Setiap warga negara, memiliki hak yang sama, perihal HAM sudah diatur oleh Undang Undang di Indonesia. Pada UU No.39 Tahun 1999 Pasal 1 menyatakan, HAM merupakan seperangkat hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, di mana hak tersebut merupaan anugerah yang wajib dilindungi dan hargai oleh setiap manusia.

HAM menacakup banyak hal di kehidupan manusia, mulai dari Hak Asasi Pribadi, Hak Asasi Politik, Hak Asasi Hukum, Hak Asasi Hukum, Hak Asasi Ekonomi, Hak Asasi Peradilan, dan Hak Asasi Sosial Budaya. Namun sayangnya, belum banyak orang yang menyadari mengenai hak apa saja yang ia miliki sebagai pribadi maupun warga negara.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Selatan Terus Dorong Penerapan Sister RW]

Maka dari itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggelar kegiatan Peningkatan kesadaran Hukum dan Hak Asasi Manusia bagi para lurah, camat dan unit terkait se-Jakarta Selatan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan pada 10 Juli 2019.

Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mahludin mengatakan, beberapa hal disampaikan dalam kegiatan pendidikan ini, khususnya masalah Hak Asasi Manusia yang merupakan hak dasar setiap manusia. "HAM merupakan hal yang perlu kita perhatikan. Jangan sampai kita tidak paham. Maka dari itu, perhatikan dengan seksama, agar kita bisa lebih baik lagi dalam melakukan tugas dan fungsi," ujar Mahludin.

[Baca Juga: Pelatihan Wirausaha Kembali Digelar Pemkot Jakarta Selatan]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (11/7/2019) Mahludin menambahkan, masyarakat menginginkan pelayanan terbaik, sehingga pengetahuan mengenai HAM sangat dibutuhkan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di kantor pemerintahan yang ada di Jakarta Selatan.

Kepala Suku Bagian Publikasi Hukum dan HAM Hawang Lusi Wiranda menambahkan, Indonesia adalah negara hukum. Dalam hidup di lingkungan masyarakat, tidak lepas dari aturan-aturan yang berlaku baik aturan tertulis maupun tidak tertulis. "Aturan-aturan tersebut haruslah ditaati, adanya aturan tersebut agar terciptanya kemakmuran  dan keadilan untuk masyarakat. Apabila aturan-aturan itu dilanggar konsekuensi akan mendapat sanksi yang tegas," ujar Lusi.

Read More

Artikel Lainnya

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir

Berita Kawasan

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir dari Masa ke Masa

22 October 2019, 20:00  |  5 Views

Stasiun Gambir dulunya halte kereta api yang menghubungkan kawasan Gambir dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Stasiun ini pernah direnovasi besar-besaran.

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai Pada Desember 2019

Berita Kawasan

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai pada Desember 2019

22 October 2019, 19:00  |  5 Views

Wali Kota Bogor baru-baru ini meninjau proyek flyover RE Martadinata dan optimistis kalau jalan layang ini dapat rampung sesuai target.

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik

Kesehatan

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?

22 October 2019, 18:00  |  7 Views

Ternyata terdapat penjelasan secara ilmiah yang memicu orang berjalan bolak-balik ketika sedang berbicara di telepon, khususnya ponsel.

Garena Bagi-Bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event, Oktober 2019

Berita Kawasan

Garena Bagi-bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event

22 October 2019, 17:00  |  9 Views

Menyambut perayaan Halloween, Garena tidak hanya bagi-bagi hadiah namun merespons baik keinginan komunitas CODM dengan baik di Oktober 2019 ini.


Comments


Please Login to leave a comment.