Pemkot Jakarta Selatan Kembali Lirik Penataan Jaringan Utilitas

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Kembali Lirik Penataan Jaringan Utilitas

Salah satu pemandangan yang bisa dikatakan terbilang mengganggu mata ketika melewati beberapa titik jalan raya di Jakarta Selatan, contohnya di Panglima Polim, adalah kesemrawutan penataan kabel jaringan utilitas. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan pun tak tinggal diam dengan kondisi ini. Pasalnya, Pihak Pemkot disebut siap memberikan tindakan tegas terhadap jaringan utilitas yang tidak ditata atau dipasang tanpa izin oleh vendor yang tak mengikuti peraturan yang berlaku.

Kabar penataan proyek jaringan utilitas ini disuarakan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji di ruang rapat Kantor Wali Kota Jakarta Selatan pada 24 Februari 2020. Di mana kala itu ia memimpin Rapat Koordinasi Membahas Tindak Lanjut Penataan dan Penertiban Jaringan Utilitas.

Pemkot Jakarta Selatan Kembali Lirik Penataan Jaringan Utilitas

Dalam rapat ini, Isnawa menyampaikan keinginannya untuk duduk bersama semua pihak dalam mengulas mengenai penataan jaringan utilitas. Pasalnya, menurutnya, para vendor pengelola jaringan utilitas perlu dipertemukan dengan otoritas setempat dari mulai RT, RW, hingga camat sebelum mereka mulai bekerja. Hal ini disebut sudah sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta.

[Baca Juga: Danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Dijadikan Data Center]

“Sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 106 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Infrastruktu Jaringan Utilitas. Kita mengumpulkan semua yang terkait dalam pekerjaan agar tidak ada lagi yang tidak tahu. Bagi vendor yang melanggar peraturan bisa kita berikan sanksi agar mereka jera,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (24/2/2020).

Ini bukan kali pertamanya Pemkot Jakarta Selatan siap menindak tegas kabel jaringan utilitas yang ada di wilayah. Mengingat pada tahun 2019, hal yang sama juga sempat digaungkan bahkan penindakannya juga dilakukan di tempat. Contohnya adalah yang dilakukan pada Oktober 2019 dengan lokasinya adalah di Bulungan. Di mana kala itu ada 15 kabel fiber optik yang ditertibkan. Hal serupa juga dilakukan pada September 2019 dengan Pemkot Jakarta Selatan yang memotong kabel jaringan utilitas yang berbelintangan di area Bangka Raya dan Jalan Bangka 1.

[Baca Juga: Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini]

Keseriusan terhadap pengawasan dan penataan jaringan utilitas di kawasan Jakarta Selatan yang disuarakan oleh Isnawa juga turut diamini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin. Menurutnya, pihak vendor sudah tidak bisa langsung bekerja secara sepihak dalam pemasangan jaringan utilitas padahal izin serta pengawasannya tidak ada. “Kita buat pola penanganan atau SOP yang baku dalam pekerjaan utilitas di lapangan,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.