Pemkot Jakarta Selatan Lakukan Persiapan Sambut Idul Adha 2019

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Lakukan Persiapan Sambut Iduladha 1440 H

Hanya tinggal beberapa pekan lagi, umat Muslim di Indonesia akan merayakan Iduladha 1440 H. Otoritas di Tanah Air pun saat ini sudah mulai melakukan persiapan demi menjamin kelancaran digelarnya perayaan ini. Hal yang serupa juga dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan. Pemaparan mengenai persiapannya pun sudah dibahas dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Persiapan awal yang dilakukan Pemkot Jakarta Selatan dalam rangka menyambut Iduladha 1440 H adalah dengan mengimbau para panitia kurban tak menggunakan kantong plastik sebagai wadah untuk membagikan daging hewan kurban kepada masyarakat. Selain plastik tidak ramah lingkungan, media penyimpanan ini juga disebut dapat mengganggu kesehatan.

Pemkot Jakarta Selatan Lakukan Persiapan Sambut Idul Adha 2019

“Ada imbauan dari Gubernur DKI Jakarta (Anies Rasyid Baswedan), agar tidak menggunakan kantong plastik yang mengandung karsinogen. Karena bisa memicu kanker, kemudian kantong kresek itu tidak terurai di tanah sampai ratusan tahun,” ucap Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji pada Rakorwil yang diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (25/7/2019).

[Baca Juga: Demi Kelancaran Iduladha, Hewan Kurban di Depok Disidak]

Ia meminta perangkat Pemkot Jakarta Selatan untuk mensosialisasikan penggunaan media kantung yang lebih ramah lingkungan. “Itu bahan dasar oxium yang dapat hancur di dalam tanah. Tikus lihat itu juga makan kantong itu,” sambung Isnawa.

Hal ini sebenarnya senada dengan yang ia canangkan pada awal tahun ini. Pasalnya, sebelum menjabat sebagai Wali Wali Kota Jakarta Selatan, pada Januari 2019 ketika Isnawa masih menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, ia mencanangkan penggunaan kantong plastik yang terbuat dari serat tapioka yang mudah terurai.

[Baca Juga: Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban]

Selain sosialisasi penggunaan kantong plastik, Isnawa juga membahas mengenai aturan lokasi penjual hewan kurban untuk Iduladha 1440 H. Ia menegaskan, Pemkot Jakarta Selatan akan menertibkan pedagang hewan kurban yang menjajakan dagangannya di atas trotoar. Hal ini disebut sudah sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta.

“Saya tugaskan Kasatpol PP untuk menertibkan itu. Jadi saya juga minta kepada bapak-ibu lurah agar menugaskan Satpol PP-nya, atau kalau perlu buat imbauan, untuk tidak lagi memanfaatkan trotoar kita untuk berjualan hewan kurban, termasuk taman karena taman jadi rusak juga,” tambah Isnawa dalam persiapan Pemkot Jakarta Selatan untuk menyambut Iduladha 1440 H.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.