Pemrov DKI Jakarta Selatan Sambut Baik Program Eco Masjid

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Sambut Baik Program Eco Masjid

Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup Dan Sumber Daya Alam (LPLH SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI), menyampaikan program eco masjid yang merupakan hasil dari sarasehan ulama umaor bersama Gubernur Provinsi DKI Jakarta, kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel). Maksud program eco masjid untuk menciptakan ramah lingkungan yang nantinya di setiap masjid akan direnovasi dan dipasang alat-alat yang ramah lingkungan seperti sistem tadah air hujan, sumur resapan, dan lainnya.

Pemkot Jakarta Selatan Sambut Baik Program Eco Masjid

Mengutip laman tarulh.com (17/01/2020), DMI wilayah DKI Jakarta memiliki data 3.418 masjid dan musala yang dapat diikutsertakan dalam program eco masjid. Sementara itu, untuk pengelolaan sampah, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) memiliki fasilitas yang dapat digunakan masyarakat, seperti fasilitas penjemputan sampah. Oleh sebab itu, masjid atau musala dapat bekerja sama dengan TPS di sekitar.

[Baca Juga: Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest]

Program eco masjid disampaikan dalam kegiatan audiensi antara LPLH SDA MUI dengan Pemkot Jaksel, yang dipimpin oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Selatan Sayid Ali.

Melansir laman selatan.jakarta.go.id (17/01/2020), berlangsung di Ruang Rapat Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Selatan, Sayid Ali menuturkan, pihaknya menyambut baik program Eco Masjid yang disampaikan. “Ini merupakan program masjid ramah lingkungan. Di Jakarta Selatan sudah ada, tetapi tidak semua masjid melaksanakan itu,” terangnya.

Pemkot Jakarta Selatan Sambut Baik Program Eco Masjid

Sayid Ali menuturkan, program ini sejalan dengan Pemkot Jaksel yang sedang giat-giatnya mengurangi sampah. “Program ini sangat baik sekali untuk diterapkan di masjid di Jakarta Selatan, saya akan laporkan ke Wali Kota Jakarta Selatan (Marullah Matali) terkait program ini,” ucapnya.

[Baca Juga: Kampanye Kantong Belanja Ramah Lingkungan di Pasar Mayestik]

Upaya pengelolaan sampah di masjid dapat dilakukan dengan penerbitan Surat Edaran Gubernur yang mensyaratkan penyediaan sistem pengelolaan sampah sebagai bagian dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah ibadah.

Perwakilan LPLH SDA MUI Hayu S Prabowo menjelaskan, melalui Eco Masjid akan terbangun tata kelola yang terintegrasi dengan masjid ramah lingkungan. “Di mana pemerintah dan masyarakat bisa melaksanakan program itu melalui mesjid. Dengan begitu mesjid berperan untuk menjaga lingkungan di sekitarnya,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 3 years lalu
    Natasya88

    Halo guys bagi yang ingin bermain game serta dapat penghasilan tambahan dengan bermodal min deposit 20k. modal pertama kurang beruntung? kami ganti dgn bonus welcome cashback 100% tanpa syarat turnover dan dapatkan bnyak pilihan bonus dari kami, dalam satu account bisa bermain banyak game hanya di dupa88,net . proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. pelayanan tercepat & aman!, cs kami siap melayani anda 24 jam nonstop!!! untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/wa : +855973465121 | kode referal : kelly88 tunggu apalagi buktikan sekarang juga. . .