Pemkot Jakarta Selatan Siap Galakkan Pengurangan Sampah Plastik

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Siap Galakkan Pengurangan Sampah Plastik

Setelah pada Januari 2020 Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan mengumumkan bahwa akan melakukan sosialisasi terhadap larangan kantong plastik, mereka akan kembali menggalakkan hal ini. Pasalnya, selain mengajak masyarakat serta pengusaha di pasar rakyat mengenai pengurangan penggunaan plastik, Pemkot Jakarta Selatan juga akan melirik perkantoran untuk menjadi target sosialisasi kebijakannya.

Menggalakkan pengurangan sampah plastik ini disampaikan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji ketika ia memimpin rapat mengenai evaluasi pengurangan sampah plastik di wilayahnya. Di mana menurutnya kebijakan tidak boleh hanya berhenti di lingkungan pemerintah saja.

Pemkot Jakarta Selatan Siap Galakkan Pengurangan Sampah Plastik

“Kita nggak mau bermain di unsur pemerintah, tapi semua stakeholder harus kita ajak. Semuanya harus kita ajak kampanyekan kantong kresek,” sebut Isnawa, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (7/2/2020). Dengan target selanjutnya untuk menggalakkan kebijakan pengurangan sampah plastik adalah kantor-kantor swasta yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

Menurut perhitungannya, di wilayah Jakarta Selatan ada ribuan kantor. Dengan perkiraan dalam satu kantor bisa ada puluhan perusahaan dan bila djumlahkan maka jumlah karyawannya yang banyak sebenarnya dapat membantu mengurangi produksi sampah plastik. “Saya rasa dua ribu hingga tiga ribu kantor bisa diimbau, mereka punya karyawan yang banyak kan, multiplayer efeknya sudah luar biasa,” ungkap Wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu.

[Baca Juga: Bogor Siap Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Diesel]

Saat ini terhitung sudah ada sekitar lima ribu objek, termasuk pengusaha warung, minimarket, sampai pedagang pasar yang telah ditargetkan untuk menerapkan kebijakan pengurangan sampah plastik. Kali ini Pemkot Jakarta Selatan pun berniat untuk turut memasukkan kantor perusahaan swasta. Namun hal tersebut dilakukan bukan hanya dengan imbauan semata, mengingat Pemkot Jakarta Selatan juga akan turut melakukan monitoring terhadap perkembangannya.

“Caranya tidak sekadar imbauan. Biasanya kita Pemda DKI sering membuat imbauan tapi realisasinya tidak ada. Kita tetap kasih imbauan tapi kita (mau) mereka untuk menindaklanjuti imbauan kita. Ada laporan atau feedback, foto-foto seperti itu. Kita bisa tahu mereka patuh terhadap imbauan kita atau enggak,” tambahnya.

[Baca Juga: Pengorbanan Dimas Bagus Ubah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar]

Digalakkannya mengenai pengurangan sampah plastik di Jakarta Selatan ini sebenarnya sejak akhir Januari 2020 dengan Pasar Tebet yang menjadi lokasi pertama sosialisasinya. Langkah ini dilakukan agar sejalan dengan Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 mengenai larangan penggunaan kantong plastik yang akan mulai efektif diterapkan pada pertengahan tahun ini.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 6 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>