PONDOK INDAH-KESEHATAN-PEMKOT JAKARTA SELATAN TEKANKAN PENTINGNYA GIZI SEIMBANG-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Pemkot Jakarta Selatan Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang

Memberi edukasi kepada masyarakat dalam menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang merupakan hal penting. Itu seperti yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dalam rangka peringati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2019.

Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, masyarakat dinilai wajib untuk paham terkait dengan persoalan-persoalan gizi bagi tubuh. Untuk itu, pihaknya perlu mengedukasi masyarakat soal pola makan dengan gizi seimbang.

“Juga membiasakan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat,” kata Marullah Matali di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan seperti dikutip selatan.jakarta.go.id (22/1/2019).

[Baca Juga: Kampanye Makanan Tinggi Serat di Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang]

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan Iwan Kurniawan juga mengungkapkan hal yang senada. Dirinya mengatakan, masih berlangsungnya persoalan gizi di Indonesia mengharuskan usaha sosialisasi kepada masyarakat terhadap asupan gizi seimbang harus diperhatikan.

Akan tetapi menurut Iwan Kurniawan, meski sudah sering dilakukan sosialisasi, persoalan gizi di kota besar masih belum terselesaikan. Pihaknya mengharapkan ada perubahan perilaku dari masyarakat bagaimana menyiapkan gizi seimbang dan dilakukan secara rutin hingga menjadi kebiasaan.

Tumpeng Gizi Seimbang

“Faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) salah satunya disebabkan oleh asupan makanan dengan gizi yang tidak seimbang. Kekurangan gizi menimbulkan masalah. Kelebihan gizi juga menimbulkan masalah. Jadi harus seimbang,” ucap Iwan Kurniawan.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk dapat peduli terhadap keseimbangan gizi. Peringatan HGN ke-59 merupakan bagian penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak, untuk bersama membangun gizi menuju bangsa berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Diketahui, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dalam acara Peringati Hari Gizi Nasional yang dilakukan Pemkot Jakarta Selatan di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan ini diadakan talkshow tentang "Sarapan Bernutrisi dan Seimbang Kunci Awal Menentukan Prestasi Gemilang" dengan narasumber dr. Juwalita Surapsari, SpGK.

[Baca Juga: 7 Makanan untuk Sarapan Sehat Anda]

Sekadar informasi, pentingnya gizi dalam kehidupan sudah diperkenalkan Bapak Gizi Indonesia Prof. Poorwo Soedarmi sejak awal kemerdekaan. Saat itu, Prof. Poorwo Soedarmo ditunjuk oleh Menteri Kesehatan J. Leimana untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR). Dahulu, lembaga tersebut dikenal sebagai Instituut voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan atau dikenal sebagai Lembaga Eijckman.

Namun karena kondisi masyarakat Indonesia yang pada saat itu rata-rata masih buta aksara dan kurang mampu. Beliau membentuk kader-kader pendidikan gizi di mana nantinya mereka yang akan langsung berinteraksi dengan masyarakat yaitu dengan cara mendirikan Sekolah SDPM (Djuru Penerang Makanan) pada tahun 25 Januari 1951.

Sejak saat itu, disepakati bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.

Slide2.JPG

Berita Kawasan

Kondisi Masyarakat Dusun Sumbermanggis Pasca Gempa di Malang

20 April 2021, 13:08

Pasca terjadinya gempa di wilayah Malang Selatan dengan skala M 6.1, banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Malang dan sekitarnya


Comments


Please Login to leave a comment.