Pemkot Jakarta Selatan Tinjau Jembatan Indiana Jones

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Selatan Tinjau Jembatan Indiana Jones

Warga di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dan warga di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok memiliki satu jembatan yang menghubungkan wilayah mereka. Menariknya, jembatan yang membentang di atas Kali Ciliwung ini memiliki panggilan tak resmi, yaitu jembatan Indiana Jones. Panggilan ini muncul karena jembatan ini dipandang berbahaya jika warga tidak hati-hati ketika menyeberanginya akibat kondisinya yang sudah termakan usia. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan saat ini tengah mempertimbangkan “nasib” dari jembatan tersebut.

Proses pertimbangan ini dimulai dengan Pemkot Jakarta Selatan melakukan peninjauan terhadap jembatan Indiana Jones itu demi melihat keadaannya. Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Sayid Ali menyebut, peninjuan dini dilakukan dalam rangka rencana pembangunan jembatan penyeberangan anyar untuk mengganti jembatan Indiana Jones.

Pemkot Jakarta Selatan Tinjau Jembatan Indiana Jones

“Jembatan yang menghubungkan wilayah RT 001/RW02 Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dnegan RT 05/RW 07 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Depok ini telah dibangun sejak tahun 80-an. Kondisi jembatan dinilai sudah tidak layak digunakan warga setempat,” tutur Sayid, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (23/9/2019).

Pada proses peninjauan jembatan Indiana Jones itu, Sayid tidak datang sendiri. Pasalnya, tim yang diturunkan untuk melihat keadaan jembatan penyeberangan itu terdiri dari Pemkot Jakarta Selatan, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, dan Tim Rekomendasi Teknis Balai besar Wilayah Sungai Ciwilung Cisadane (BWSCC).

[Baca Juga: Wow, Ada Jembatan Ketupat di Jakarta Pusat]

“Hari ini kamu baru meninjau, tahap berikutnya apakan akan jadi dibangun jembatan atau tidak. Setelah kami mendapatkan surat dari BWSCC karena mereka yang akan berikan rekomendasi teknisnya. Sekarang masih kajian awal, belum ada keputusan. Karena kan juga menyangkut dua wilayah, Jakarta dan Depok,” papar Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan itu.

Namun dari tahap awal peninjauan terhadap jembatan yang menjadi akses warga untuk menyeberangi dua wilayah itu terdapat indikasi bahwa ini memang sudah tidak aman untuk digunakan oleh warga lagi. Secara konstruksi, jembatan Indiana Jones menggunakan material bambu serta seng. Sedangkan untuk menahan jembatan tersebut, terdapat tali yang dikaitkan ke pohon. Sehingga tidak heran bila awal tahun 2019, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyebut jembatan ini layaknya shirathal mustaqim.

[Baca Juga: Jembatan Cinta Diberi Tempat Sampah Pilah]

“Jembatan ini tidak layak dari sisi keselamatan. Kita takut kalau dibiarkan seperti ini nanti ada hal yang tidak diinginkan terjadi bagi pengguna. Makanya perlu kami kaji apakah ini perlu kita bangun kembali. Lalu yang membangun nanti siapa karena ini melibatkan dua provinsi. Kalau dua provinsi seperti ini kita ajukan ke Kementerian PUPR dalam hal ini Dirjen Bina Marga,” tambah Sayid.


Read More

Artikel Lainnya

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad.jpg

Hobi dan Hiburan

Dari Hobi Hingga Sukses Jadi Atlet Offroad, Inilah Sosok Sudirman Arsyad

23 March 2023, 18:17

Mengejar passion yang hadir dari hobi tampaknya menjadi gambaran yang tepat untuk sosok atlet offroad Tanah Air, Sudirman Arsyad.

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program In i.jpg

Bisnis

Sambut Kehadiran Bulan Suci, ruparupa Gelar Program Ini

21 March 2023, 11:48

Melalui kampanye BerKah Ramadan, ruparupa gelar beragam promo untuk mendukung konsumennya dalam menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiga Band Ini Sukses Ajak Nostalgia Hits Tahun 2000an di JCW 2023

20 March 2023, 14:47

Para penggemar musik di era tahun 2000an awal berhasil diajak bernostalgia menyanyikan lagu-lagu hits dari Samsons, Yovie & Nuno, serta D’Masiv di acara JCW 2023.

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syaria h.jpg

Bisnis

Digitalisasi Asuransi Syariah, Astralife Hadirkan Produk Flexi Life Protection Syariah

17 March 2023, 10:29

Dalam rangka mendukung umat Muslim milenial yang menggunakan produk sesuai syariah, Astralife menghadirkan produk Flexi Life Protection Syariah di ranah digital.


Comments


Please Login to leave a comment.