Pemkot Jaktim Bahas Ciptakan Cipayung sebagai World Greenest City

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Bahas Cipayung sebagai World Greenest City

Cipayung banyak terdapat destinasi ekowisata perkotaannya. Untuk menerapkan konsep Ekowisata Cipayung tahun 2022. DKI terus berupaya menjadikan Cipayung sebagai Kota Terhijau Dunia. Oleh karena itu, Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar pembahasan konsep awal Ekowisata Cipayung menjadi paru-paru ibu kota DKI Jakarta bersama ITB (Institut Teknologi Bandung), di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Lantai 2 Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMD) Provinsi DKI Jakarta 2017-2022 Jakarta sebagai kota yang berkelanjutan dan lestari, dan Jakarta sebagai kota kota tujuan wisata yang berdaya saing internasional.

Pemkot Jaktim Bahas Ciptakan Cipayung sebagai World Greenest City

Tujuan dari pembahasan konsep awal Ekowisata Cipayung ialah menghasilkan rencana penataan kawasan Ekowisata Cipayung yang menjadi payung untuk SKPD/UKPD terkait untuk melaksanakan pembangunan di kawasan dimaksud. Adapun lokasi area prioritas Ekowisata Cipayung ialah ialah Taman Cempaka, Hutan Kota Cilangkap, Hutan Jati Setu, Taman Agrowisata Cilangkap, Pusat Pengembangan Benih Sapi Perah Cilangkap.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

Melansir laman timur.jakarta.go.id (27/08/2019), Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Timur Hartati mengatakan, tujuan dalam melibatkan perwakilan ITB untuk membantu membenahi kota DKI Jakarta dan menerapkan konsep Ekowisata Cipayung tahun 2022. “Masing-masing Sudis harus kerjasama agar tercapai tepat waktu,” ujar Hartati.

Sementara itu Pusat Perencanaan Pengembangan Pariwisata ITB Yani Adriani menyebutkan, kondisi lingkungan hidup DKI Jakarta sudah cukup darurat. Termasuk udara paling buruk di Indonesia dan selalu masuk 10 besar terburuk di dunia. Cipayung termasuk taman terluas yang ada di DKI Jakarta. Itulah sebabnya, Cipayung akan dijadikan sebagai World Greenest City.

[Baca Juga: Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Plastik]

Menurut Hartati pihaknya melihat Cipayung sebagai ekowisata termasuk wilayah yang cukup strategis untuk mengurangi angka polusi udara yang buruk di wilayah DKI Jakarta. Ia berharap Cipayung menjadi motor penggerak seluruh wilayah DKI Jakarta untuk memulihkan kondisi lingkungan tingkat kesehatan yang tinggi.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk menerapkan pola-pola kehidupan yang ramah lingkungan. Sebab, itu akan menjadi salah satu program perwakilan ITB di Ekowisata Cipayung, untuk membuat kampung-kampung ramah lingkungan. “Saya rasa itu belum ada di kota lain di Indonesia, kita akan konsepkan percepatan pengembangan Jakarta sebagai World Greenest City segera terwujud. Tidak hanya pemerintah yang bergerak tetapi juga dari masyarakatnya mendukung kegiatan ini,” tambah Yani.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.