Pemkot Jaktim Bahas Ciptakan Cipayung sebagai World Greenest City

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Timur Bahas Cipayung sebagai World Greenest City

Cipayung banyak terdapat destinasi ekowisata perkotaannya. Untuk menerapkan konsep Ekowisata Cipayung tahun 2022. DKI terus berupaya menjadikan Cipayung sebagai Kota Terhijau Dunia. Oleh karena itu, Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar pembahasan konsep awal Ekowisata Cipayung menjadi paru-paru ibu kota DKI Jakarta bersama ITB (Institut Teknologi Bandung), di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Lantai 2 Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMD) Provinsi DKI Jakarta 2017-2022 Jakarta sebagai kota yang berkelanjutan dan lestari, dan Jakarta sebagai kota kota tujuan wisata yang berdaya saing internasional.

Pemkot Jaktim Bahas Ciptakan Cipayung sebagai World Greenest City

Tujuan dari pembahasan konsep awal Ekowisata Cipayung ialah menghasilkan rencana penataan kawasan Ekowisata Cipayung yang menjadi payung untuk SKPD/UKPD terkait untuk melaksanakan pembangunan di kawasan dimaksud. Adapun lokasi area prioritas Ekowisata Cipayung ialah ialah Taman Cempaka, Hutan Kota Cilangkap, Hutan Jati Setu, Taman Agrowisata Cilangkap, Pusat Pengembangan Benih Sapi Perah Cilangkap.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

Melansir laman timur.jakarta.go.id (27/08/2019), Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Timur Hartati mengatakan, tujuan dalam melibatkan perwakilan ITB untuk membantu membenahi kota DKI Jakarta dan menerapkan konsep Ekowisata Cipayung tahun 2022. “Masing-masing Sudis harus kerjasama agar tercapai tepat waktu,” ujar Hartati.

Sementara itu Pusat Perencanaan Pengembangan Pariwisata ITB Yani Adriani menyebutkan, kondisi lingkungan hidup DKI Jakarta sudah cukup darurat. Termasuk udara paling buruk di Indonesia dan selalu masuk 10 besar terburuk di dunia. Cipayung termasuk taman terluas yang ada di DKI Jakarta. Itulah sebabnya, Cipayung akan dijadikan sebagai World Greenest City.

[Baca Juga: Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Plastik]

Menurut Hartati pihaknya melihat Cipayung sebagai ekowisata termasuk wilayah yang cukup strategis untuk mengurangi angka polusi udara yang buruk di wilayah DKI Jakarta. Ia berharap Cipayung menjadi motor penggerak seluruh wilayah DKI Jakarta untuk memulihkan kondisi lingkungan tingkat kesehatan yang tinggi.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk menerapkan pola-pola kehidupan yang ramah lingkungan. Sebab, itu akan menjadi salah satu program perwakilan ITB di Ekowisata Cipayung, untuk membuat kampung-kampung ramah lingkungan. “Saya rasa itu belum ada di kota lain di Indonesia, kita akan konsepkan percepatan pengembangan Jakarta sebagai World Greenest City segera terwujud. Tidak hanya pemerintah yang bergerak tetapi juga dari masyarakatnya mendukung kegiatan ini,” tambah Yani.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.